Warga DKI yang Salat Id di JIS Jangan Langsung Pulang, Boleh Keliling di Dalam Stadion

JAKARTA - Warga yang selesai melaksanakan salat Idulfitri hari ini, Selasa, 2 Mei di Jakarta International Stadium (JIS) tak perlu buru-buru kembali ke rumah. Mereka diizinkan melihat bagian dalam stadion yang baru rampung dikerjakan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan masyarakat yang baru selesai salat Id bisa lebih dulu masuk ke stadion tersebut. Mereka diberi waktu untuk melihat lebih dekat JIS, bahkan, diberi waktu untuk berkeliling.

"Sesudah rangkaian salat Ied selesai, nanti warga yang berminat untuk melihat bagian dalam stadion akan diizinkan untuk masuk dan berkeliling di bagian dalam stadion sebelum mereka pulang," kata Anies kepada wartawan yang dikutip Selasa, 2 Mei.

Meyakini antusiasme masyarakat akan tinggi, Anies bilang, mereka akan diperbolehkan masuk secara bergantian agar tak terjadi desak-desakan dan bisa lebih tertib.

Selain itu, nantinya juga ada pemandu yang memandu masyarakat di dalam stadion bertaraf internasional tersebut. Kemudian, panitia juga menyediakan rute di dalam JIS supaya warga nyaman berkeliling dan tidak terlalu jauh berjalan ke arah area parkir kendaraan.

"Tidak ada batasan khusus (jumlah warga yang masuk, red), tapi yang jelas masuknya tentu bertahap," ungkapnya.

"Jadi, bagi yang ingin melihat bagian dalam stadion setelah selesai salat Id bisa berjalan (berkeliling di dalam stadion, red), ada rutenya, nanti keluar langsung ke parkiran," imbuh Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan pembangunan JIS sudah bisa dikatakan rampung. Namun masih harus dilakukan pengecakan final sebelum nantinya digunakan secara resmi.

"Secara bangunan sudah (selesai, red) tapi masih ada final cek yang harus dikerjakan antara Jakpro sebagai pengurus proyek, dengan kontraktor sebagai pelaksana," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, JIS terletak di Sunter, Jakarta Utara dan menjadi salah satu lokasi salat Idulfitri bagi warga Jakarta. Adapun kegiatan tersebut akan dilakukan pada pukul 07.00 WIB.

Anies sendiri dipastikan akan mengikuti salat Idulfitri bersama warga Jakarta di JIS. Dirinya memastikan akan hadir di lokasi tersebut sejak pagi.