Perdana, Stadion Kriket di Birmingham Inggris Ini Gelar Salat dan Perayaan Idulfitri untuk 2.000 Jemaah

JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Stadion Kriket Edgbaston di Birmingham, Inggris, akan menggelar salat dan perayaan Idulfitri usai berakhirnya Ramadan tahun ini.

Perayaan Idulfitri akan diadakan untuk 2.000 orang yang mendaftar secara online sebelumnya. Pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 1 atau 2 Mei, tergantung pada penampakan bulan sabit baru.

Tak hanya itu, pihak penyelenggara Green Lane Masjid and Community Centre juga akan menyelenggarakan perayaan Idul Fitri lainnya. Lokasinya berada di Small Heath Park dan akan menyambut sekitar 20.000 jemaah.

Bekerja sama dengan Warwickshire County Cricket Club, acara di Edgbaston akan menjadi yang kedua kalinya lapangan kriket menjadi tuan rumah umat Muslim di sana beribadah.

Juli tahun lalu, Edgbaston menyambut 500 orang untuk Iduladha.

Nantinya, untuk perayaan Idulfitri 1443 Hijriah kali ini akan mencakup stand bazar, makanan dan pembinaan kriket untuk anak-anak.

"Kami telah bekerja dengan tim Edgbaston di sejumlah proyek dan terkesan dengan profesionalisme dan komitmen tulus mereka untuk mendukung komunitas lokal," ujar Kamran Hussain, kepala eksekutif Masjid Green Lane, sebuah masjid Inggris terkemuka di Birmingham, dikutip dari The National News 27 April.

Salat Iduladha 2021 di Stadion Edgbaston di Birmingham, Inggris. (Sumber: Twitter/Green Lane Masjid & Community Centre)

Sementara itu, Kepala Edgbaston mengatakan dia 'senang' dengan kemitraan tersebut, menyebut dirintya ingin tempat yang terkenal itu menjadi 'pusat komunitas lokal'.

"Kami berkomitmen untuk bekerja dengan Kamran dan timnya untuk melihat, bagaimana kami dapat terus mengembangkan acara ini setiap tahun dan memastikan, Edgbaston benar-benar mencerminkan komunitas yang kami layani," ujar kata kepala eksekutif Stuart Cain.

Sementara itu, setelah jeda dua tahun karena COVID-19, Idul Fitri di Small Heath Park akan kembali digelar, namun dengan jemaah yang jauh lebih kecil daripada 60.000 jemaah, jumlah yang biasa di masa-masa sebelum pandemi.

Kendati langkah-langkah kesehatan masyarakat telah mengurangi jumlah pengunjung, kegiatan keluarga, termasuk pasar malam, akan tersedia setelah salat.

“Idul Fitri adalah kesempatan yang menggembirakan, di mana umat Islam berkumpul untuk merayakan, menghabiskan waktu bersama keluarga dan beribadah sebagai sebuah komunitas. Sungguh melegakan karena perayaan yang begitu penting kembali normal setelah sekian lama," terang Saleem Ahmed, manajer proyek untuk Idulfitri di Small Heath Park.