Begini Cara Menonaktifkan Sementara Akun Twitter Anda

JAKARTA - Jika Anda seorang pengguna Twitter sejak 2012 atau bahkan sejak pertama kali Twitter didirikan, dan sudah bosan untuk memainkan aplikasi berlogo burung biru ini, Anda dapat melakukan deactive akun Anda untuk sementara waktu.

Jangan khawatir, akun Anda tidak harus dihapus secara permanen. Jika Anda merasa kosong dan tanpa arah setelah melakukan ini, Anda bisa mendapatkan kembali akun Anda hingga 30 hari setelah dilakukan. Berikut ini adalah caranya:

Nonaktifkan Akun Twitter di Browser

Jika Anda menggunakan komputer atau browser seluler, buka Twitter.com dan masuk ke akun Anda. Untuk menonaktifkan:

1. Di web, klik item Lainnya di kiri bawah layar.

2. Di browser seluler, ketuk ikon profil

3. Pilih Pengaturan dan Privasi lalu Akun Anda

4. Di bagian bawah daftar, ketuk Nonaktifkan akun Anda

5. Pergi ke bagian bawah halaman untuk menemukan tautan Nonaktifkan

Akan ada banyak informasi di halaman sebelum Anda membuka tautan itu. Beberapa di antaranya cukup berguna. Ada deskripsi lengkap tentang apa yang tidak dapat lagi dilihat, seperti nama tampilan Anda, @namapengguna, dan profil publik.

Jaminan bahwa Anda dapat memulihkan akun Anda "untuk beberapa waktu" jika tidak sengaja atau salah dihapus, dan cara untuk mengaktifkan kembali setelah 30 hari atau 12 bulan.

Nonaktifkan Akun Twitter di Aplikasi Twitter

1. Buka aplikasi Twitter. Jika belum punya, instal terlebih dahulu di Google PlayStore atau App Store.

2. Masukkan akun Twitter Anda.

3. Ketuk ikon profil Anda di sudut kiri atas. Sebuah menu akan muncul dari 3. samping. Ketuk Pengaturan dan privasi di bagian bawah.

4. Ketuk Akun Anda di bagian atas. Pada halaman Akun Anda, pilih Nonaktifkan Akun di bagian bawah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yakni:

Akun Anda tidak akan hilang secara permanen setelah proses ini. Twitter menyimpan informasi Anda selama 30 hari sebelum menghapusnya secara permanen. Untuk memulihkan akun Anda, masuk kembali dan konfirmasikan bahwa Anda ingin mengaktifkan kembali akun Anda.

Jika Anda berencana membuat akun Twitter baru dengan nama pengguna dan alamat email yang sama dengan akun yang Anda nonaktifkan, alihkan akun saat ini ke nama pengguna dan alamat email yang berbeda sebelum Anda menonaktifkannya.

Jika Anda ingin mengunduh data Twitter Anda, lakukan itu sebelum menonaktifkannya. Twitter tidak dapat mengirim data dari akun yang tidak aktif.

Hasil cache Google dan mesin pencari lainnya, artinya profil dan tweet lama Anda mungkin masih muncul sebagai tanggapan atas permintaan pencarian sesekali. Namun, siapa pun yang mengkliknya akan mendapatkan pesan kesalahan.