Permudah Pengguna untuk Saling Terhubung, Whatsapp Bereksperimen dengan Komunitas 

JAKARTA - Mark Zuckerberg mengumumkan pembaruan dari aplikasi WhatsApp pada Kamis, 14 April melalui laman Facebook miliknya.

Sebagian besar dari kita telah menggunakan jejaring sosial untuk menemukan konten menarik. Tetapi, untuk tingkat interaksi yang lebih dalam, pengiriman pesan telah menjadi pusat kehidupan digital bagi hampir seluruh masyarakat di belahan dunia.

"Layanan perpesanan kami dibangun di sekitar perpesanan teks satu-ke-satu, dan itu akan tetap menjadi inti dari apa yang kami lakukan. Tapi kami juga telah bekerja untuk membangun generasi berikutnya dari pesan pribadi," kata pencipta Facebook itu.

Mark telah menambahkan obrolan video, pesan suara, cerita, perdagangan, pembayaran, dan lainnya ke WhatsApp dan Messenger yang berfokus pada privasi, keselamatan, dan keamanan.

"Dengan peluncuran hari ini, kami mengambil ini lebih jauh dan memungkinkan orang untuk tidak hanya berkomunikasi dengan teman dekat dan kontak, tetapi juga dengan semua komunitas yang berbeda dalam hidup Anda," sambungnya.

Selain itu, WhatsApp juga mulai bereksperimen dengan Komunitas. Menurut Mark, pembaruan ini akan mewakili evolusi besar untuk aplikasi perpesanan.

Mark mengungkapkan, sejak WhatsApp diluncurkan pada tahun 2009 banyak orang yang memberitahunya bahwa mereka ingin menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dalam suatu komunitas.

Tetapi, sampai sekarang, produk tersebut belum dibuat dengan cara yang membuatnya mudah. Perusahaan juga belum membagikan detail tentang bagaimana tepatnya grup-grup ini akan dibentuk.

"Kami membangun Komunitas WhatsApp untuk mempermudah mengatur semua obrolan grup Anda dan menemukan informasi. Anda akan dapat menyatukan grup yang berbeda ke dalam satu komunitas," lanjut Mark.

Komunitas di WhatsApp akan memungkinkan orang untuk menyatukan grup terpisah di bawah satu payung dengan struktur yang sesuai untuk mereka. Dengan begitu, orang-orang dapat menerima pembaruan yang dikirim ke seluruh komunitas dan dengan mudah mengatur grup diskusi yang lebih kecil tentang hal-hal yang penting bagi mereka.

Komunitas juga akan berisi alat baru yang canggih untuk admin, termasuk pesan pengumuman yang dikirim ke semua orang dan kontrol atas grup mana yang dapat disertakan.