Trump Mungkin Tulari Setidaknya 206 Orang dan Itu Hanya dari Satu Acara yang Ia Hadiri

JAKARTA - Gedung Putih melakukan pendalaman terkait konfirmasi positif Presiden Donald Trump. Mereka kini mendata 206 orang yang menghadiri acara yang dihadiri Trump.

Acara yang dimaksud adalah seputar perjalanan penggalangan dana yang dilakukan Trump ke Bedminster, Kamis, 1 Oktober. Data itu kini telah diberikan ke otoritas kesehatan di New Jersey.

Seorang petugas, diwawancarai Reuters mengatakan acara itu berlangsung beberapa jam sebelum Trump dinyatakan positif.

"Gedung Putih memberikan sedikitnya 206 nama yang menghadiri acara tersebut ke petugas New Jersey," tulis Departemen Kesehatan New Jersey di Twitter, dikutip Senin, 5 Oktober.

Departemen Kesehatan kini telah menginformasikan kepada seluruh pihak terdata untuk memantau gejala mereka sendiri dan menjalani karantina jika melakukan kontak dekat dengan presiden beserta stafnya.

Para petugas juga sedang menggali informasi dari staf resor golf Trump dan memberikan arahan protokol kesehatan, katanya. Trump kini dirawat di Rumah Sakit Militer Nasional Walter Reed. 

Minggu malam, Senin, 4 Oktober, Trump keluar dari kamar perawatan. Ia terakhir terlihat dalam iring-iringan mobil dan menyapa warga di jalanan di depan rumah sakit.