Terinspirasi Jet Pribadi, Konsep Kapal Pesiar Ini Terlihat Seperti Pesawat Ruang Angkasa

JAKARTA - Seiring dengan kian digemarinya kapal pesiar, ragam ukuran dan desain kapal terus berkembang dari tahun ke tahun, menjadikan bukan perkara mudah untuk menghadirkan konsep yang menarik.

Namun, tim di Lazzarini Design Studio telah melakukan yang terbaik untuk menghadapi tantangan. Hanya beberapa bulan setelah meluncurkan konsep superyacht yang dapat terbang dan berlayar, perusahaan desain yang berbasis di Roma, Italia ini merilis desain baru untuk kapal futuristik yang tidak akan terlihat aneh dalam film 'Star Trek'.

Dengan panjang hanya 20 meter (65 kaki), Royal Alpha One jauh lebih kecil daripada desain superyacht yang tidak lazim yang dikenal Lazzarini, tetapi tidak kalah menarik atau inovatif.

Para desainer bertujuan untuk membuat kapal kompak dengan nuansa superyacht, dan jika rendering yang baru dirilis adalah sesuatu untuk dilakukan, mereka telah berhasil mencapai hal itu.

Terinspirasi oleh Lazzarini's Royal Jet Capsule, pod yacht dengan panjang 7,6 meter dan lebar 3,3 meter, kapal ini memiliki eksterior hitam, abu-abu dan hijau serta menampilkan permukaan kaca fotokromik.

Royal Alpha One. (Sumber: Lazzarini)

Terdiri dari tiga dek, Royal Alpha One memiliki tata letak yang mirip dengan jet pribadi, dengan area lounge yang luas diisi dengan kursi-kursi mewah.

Dengan ruang hingga 20 penumpang, ia memiliki tiga kabin en suite, garasi berisi mainan air, ruang makan besar, tetapi fitur menonjolnya tidak diragukan lagi adalah hot tub panorama di puncak kapal, yang memiliki bagian bawah yang dapat ditarik.

Sementara tim desain mempertimbangkan sistem propulsi Volvo Penta IPS kembar atau tiga untuk Royal Alpha One, dengan kecepatan maksimum antara 32 dan 42 knot, propulsi bertenaga hidrogen juga dimungkinkan.

Melansir CNN 15 Maret, proyek ini saat ini memiliki label harga lebih dari 3,5 juta euro atau sekitar 3 juta dolar Amerika Serikat, dengan model lambung sudah selesai.

Lazzarini memperkirakan akan memakan waktu sekitar 15 hingga 16 bulan untuk membangun, yang berarti kita bisa melihat Royal Alpha One menjadi kenyataan pada akhir 2023 jika pembeli ditemukan.

Royal Alpha One. (Sumber: Lazzarini)

Meskipun proyek tersebut belum diambil, Lazzarini berharap mereka akan menemukan klien dan desainnya untuk diproduksi dalam waktu dekat.

Diketahui, Royal Alpha One adalah salah satu dari sejumlah konsep kapal pesiar baru yang menarik yang terungkap dalam beberapa bulan terakhir.

Perusahaan Belanda Phathom Studio's menghadirkan The Phathom 60m, konsep sepanjang 60 meter dengan atrium kaca tiga lantai, diresmikan bulan lalu, sementara Iddes Yachts telah memperkenalkan superyacht berlayar listrik 54,8 meter, Sail 55, yang telah dirancang khusus untuk pelayaran berkelanjutan.