Pemain Kelas Dunia Berhati Mulia, Gelandang Everton Donny van de Beek Mau Sewa Rumah untuk Tampung Pengungsi Ukraina

JAKARTA – Gelandang Everton Donny van de Beek ikut menaruh kasih untuk pengungsi-pengungsi perang dari Ukraina. Ia mau merogoh kocek untuk menyewa rumah demi menampung mereka.

Menukil dari Daily Star, hal itu diungkapkan oleh rekan setim pemain pinjaman dari Manchester United itu di Everton yang berkebangsaan Ukraina yakni Vitaliy Mykolenko. Kemurahan hati pemain asal Belanda ini membuat Mykolenko sangat terkejut.

Mykolenko mengatakan bahwa awalnya seorang fisioterapi mendatanginya dan menawarkan dua kamar kosong untuk pengungsi. Kemudian datanglah Donny van de Beek dengan tawarannya.

"Donny van de Beek, pemain kelas dunia, mendekati saya dan berkata, 'Ayah saya dan saya ingin menyewa rumah untuk orang-orang, baik di Belanda atau di Polandia. Kami akan membawa mereka dari perbatasan, menempatkan mereka, dan membayar rumah-rumah itu’. Saya sangat terkejut. Saya tidak tahu bagaimana harus berterima kasih kepada orang-orang ini," ujar Mykolenko.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menewaskan ribuan orang dan memaksa jutaan lain mengungsi ke negara tetangga seperti Polandia. Mykolenko dan rekan-rekan senegaranya yang merumput di Liga Inggris pun mendapat banyak dukungan.

Dukungan itu mereka tunjukkan dengan mengenakan kaus bertuliskan “No War” dan mengibarkan bendera Ukraina sebelum laga melawan Manchester City pada Februari lalu. Sementara itu, pihak klub juga menyumbang dana dalam jumlah besar untuk komite darurat di Ukraina.

"Semua orang datang dan bertanya bagaimana keluarga saya, teman-teman saya. Pada hari kedua, pelatih kepala datang dan berkata, 'Jika Anda butuh istirahat jika Anda butuh waktu, luangkan waktu Anda.

"Saya berterima kasih kepada klub atas dukungannya dari semua pihak. Administrator yang bertanggung jawab atas peralatan berkata, 'Saya tahu situasi yang Anda hadapi, saya mengerti betapa sulitnya bagi Anda. Datanglah kepada kami untuk makan malam, mari kita bicara," kata Mykolenko.

Saat ini beberapa rekan senegara Mykolenko memutuskan bergabung sebagai relawan perang. Namun, bek kiri itu membuat keputusan berani untuk terus bermain dan meningkatkan kesadaran tentang apa yang terjadi pada bangsanya, dengan dukungan dari manajernya Frank Lampard.