Masih Betahnya Van de Beek di Tengah Beberapa Rekan Sepersuksesannya yang Hijrah
Gelandang Ajax Amsterdam, Donny van de Beek. (Foto: Instagram @donnyvdbeek)

Bagikan:

JAKARTA - Kesuksesan Ajax Amsterdam di kompetisi lokal dan Liga Champions pada musim 2018/19 lalu tak terlepas dari peran para pemainnya. Nama-nama seperti Matthijs de Ligt, Frenkie de Jong, Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres adalah pemain yang mampu membawa Ajax sebagai tim yang disegani di benua biru.

Tim-tim besar pun akhirnya kepincut untuk menggunakan jasa para pemain Ajax. Beberapa klub berhasil menggaet, di antaranya De Jong yang hijrah ke Barcelona, De Ligt ke Juventus, dan teranyar Ziyech yang akan bermain untuk Chelsea di musim 2020/21.

Pemain-pemain tersebut memang dinilai pantas untuk bermain di klub besar seiring dengan perkembangan yang mereka miliki. Terlebih, usia mereka masih relatif muda, dan masih sangat mungkin berada sejajar dengan pemain top dunia lainnya.

Namun, tak seperti tiga nama di atas, nama Donny van de Beek adalah pemain yang masih betah berseragam putih merah. Pemain berusia 22 tahun tersebut masih belum mau mengikuti jejak mantan rekannya tersebut meski klub-klub besar terus mengontaknya.

Klub seperti Manchester United dan Real Madrid adalah klub yang paling getol mengejar Van de Beek. Namun ia membantah terkait rumor yang menyatakan ia akan hengkang ke Madrid.

"Tidak ada kontak dengan Real Madrid. Kabar tersebut (kepindahan) ke Madrid) adalah kabar prematur. Saya tidak akan buru-buru pindah. Saya bahagia bersama Ajax," ujar Van de Beek.

Sebelumnya, MU yang lebih dulu menggaungkan minatnya kepada gelandang tim nasional Belanda tersebut. Van de Beek digadang-gadang akan menggantikan Paul Pogba.

Namun MU masih galau. Selain Van de Beek, MU juga tengah mengincar Joel Maddison dari Leicester City yang juga digadang sebagai pengganti Pogba.

Van de Beek masih terikat kontrak di Ajax hingga 2022. Bagi klub yang ingin mendapatkan jasanya, harus merogoh kocek sekitar 55 juta euro.

Nama Van de Beek pertama kali mencuat ke publik ketika ia dengan brilian mampu mengantarkan Ajax melenggang ke babak semifinal Liga Champions musim lalu.

Selain itu, ia juga membantu Ajax mengawinkan dua gelar domestik di musim 2018/19 silam dengan menjuarai gelar Eredivisie dan KNVB Cup.

Pada musim 2019/20 ini, konsistensi permainannya pun juga tidak menurun. Sejauh ini Van de Beek telah tampil membela Ajax sebanyak 30 kali di semua kompetisi dengan sumbangsih 10 gol serta 8 assists.