Google Rilis Fitur Pratinjau Kedua untuk Android 13, Apa Saja?

JAKARTA - Pratinjau Android 13 kedua telah meluncur. Ini mencakup fitur baru di mana aplikasi harus meminta izin pengguna untuk mengirimkan pemberitahuan.

Pada fitur anyar ini, sepertinya Google mengadopsi kemampuan dari Apple. Pasalnya iOS lebih dahulu memiliki fitur ini selama bertahun-tahun, dan sangat berguna untuk memastikan hanya aplikasi tertentu yang bisa mengirimkan pemberitahuan kepada pengguna.

“Aplikasi yang menargetkan Android 13 sekarang perlu meminta izin notifikasi dari pengguna sebelum memposting notifikasi,” ujar VP of Engineering untuk Android, Dave Burke, dalam unggahan resmi blog perusahaan.

Aplikasi yang dibuat untuk Android 12 atau lebih rendah tidak akan menghadapi kewajiban ini, tetapi jika pengguna ingin menonaktifkan pemberitahuan aplikasi, mereka harus mengaturnya secara manual.

Terdapat pula fitur besar lainnya dalam pratinjau kedua ini adalah dukungan Audio Bluetooth Low Energy (LE). Audio Bluetooth LE adalah standar baru yang menggunakan codec audio, disebut Low Complexity Communications Codec (LC3), yang dapat mengirimkan pada bitrate lebih rendah dalam kualitas yang lebih tinggi.

Itu akan menghasilkan konsumsi energi yang lebih sedikit, dengan mengarah ke masa pakai baterai yang lebih baik. Versi Android 13 yang baru juga lebih baik dalam menangani bahasa non-Latin seperti Jepang dan Tamil.

Melansir The Verge, Jumat, 18 Maret, pratinjau Android 13 kedua juga mencakup beberapa peningkatan lain, termasuk dukungan untuk standar MIDI 2.0 baru yang menambahkan komunikasi dua arah, pengaturan waktu yang lebih tepat, dan resolusi yang lebih tinggi dengan pesan 32-bit, ini seharusnya memberikan nuansa yang lebih mirip analog.

Sebelumnya, pratinjau pertama Android 13 diluncurkan pada Februari lalu, memamerkan opsi tema baru dan pemilih foto di seluruh sistem.

Namun, pengguna tidak disarankan untuk menginstal pratinjau kedua ini, mengingat bahwa Android 13 kemungkinan tidak akan diluncurkan secara publik hingga setelah Juli, mungkin masih banyak bug yang harus diperbaiki. Google mengharapkan untuk meluncurkan Android 13 beta sekitar April mendatang.