Anies Angkat Sudirman Said Jadi Komisaris Utama Transjakarta

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengangkat Sudirman Said sebagai Komisaris Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Sudirman Said menggantikan Jaswandi yang telah menjabat sebagai Komut Transjakarta sejak Agustus 2019.

Pengangkatan Said sebagai Komut Transjakarta yang baru diputuskan berdasarkan hasil rapat umum pemegang sahan luar biasa (RUPS LB) yang digelar di Balai Kota DKI Jakarta.

Plt. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta, Angelina Betris mengungkapkan pihaknya percaya bahwa Sudirman Said dapat membawa perubahan bagi Transjakarta ke arah yang lebih baik.

“Kami percaya Pak Sudirman Said akan membawa perubahan yang lebih besar serta akan membawa Transjakarta melaju lebih baik lagi. Selamat datang dan selamat bertugas,” kata Betris dalam keterangannya, Jumat, 18 Maret.

Selain pergantian jabatan Komut, Komisaris PT Transjakarta Beni Edmundar juga melepas jabatannya. Beni Edmundar menjabat sebagai Komisaris Transjakarta sejak Agustu 2019 lalu.

"Pak Jaswandi dan pak Beni merupakan sosok hebat dibalik perkembangan Transjakarta. Kami selaku Insan Transjakarta mengucapkan rasa terima kasih kepada beliau yang telah berkontribusi membawa banyak perubahan, tidak hanya bagi layanan tetapi juga perusahaan,” ujar Betris.

Sebagaimana diketahui, Sudirman Said merupakan Menteri dan Sumber Daya Mineral pada Kabinet Kerja periode 2014-2016, periode yang sama dengan Anies Baswedan saat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada Juli 2017, Presiden Jokowi mencopot Sudirman Said menggantikan posisinya dengan Arcandra Taher.

Kemudian, Sudirman Said juga pernah menjadi ketua tim sinkronisasi Anies-Sandiaga sejak keduanya mulai menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI pada 2017.