MotoGP tidak Persoalkan Lintasan Kotor di Tes Pramusim Sirkuit Mandalika

JAKARTA — Pihak MotoGP tidak mempersoalkan kondisi lintasan kotor di Sirkuit Mandalika pada hari pertama tes pramusim 2022. Mereka memaklumi masalah itu wajar bagi trek baru.

Tes pramusim di Sirkuit Mandalika sudah mulai digelar pada Jumat, 11 Februari. Namun, sesi tes pagi sempat terhenti karena lintasan kotor oleh tanah yang dibawa air hujan.

Dorna Race Direction Representative Loris Capirossi mengatakan bahwa kondisi lintasan yang kotor cukup normal bagi sirkuit baru.

"Soal treknya, normal untuk pertama kalinya sedikit kotor, karena tidak ada yang membalap sebelum kami," kata Capirossi seperti dikutip dari ANTARA.

Lintasan yang kotor tersebut ada di tikungan pertama. Untuk itu, petugas pun mengibarkan bendera merah setelah sesi pagi berjalan sekitar satu setengah jam untuk memberi kesempatan penyelenggara membersihkan lintasan yang kotor.

Trek dibuka kembali pada pukul 12.00 WITA dan para pebalap melanjutkan pengujian motor baru mereka.

Capirossi yang sempat meninjau pembangunan Sirkuit Mandalika pada April tahun lalu itu mengaku terkesan dengan pekerjaan yang telah diselesaikan di trek itu, meskipun masih ada margin untuk perbaikan.

"Karena ini baru tes, kami punya waktu untuk membersihkannya dan mengatur segalanya. Tapi kami berharap mulai besok dan Minggu, kondisi treknya bagus untuk pengujian dan semuanya. Tapi bagaimanapun juga untuk trek baru hal seperti itu normal," kata dia.

Sementara itu, Eddy Saputra selaku Deputy Race Committee mengungkapkan kondisi trek yang kotor disebabkan karena pembersihan kurang optimal. Padahal, seharusnya tiap hari harus dilakukan pembersihan selama dua minggu sebelum balap.

"Sepertinya mereka (panitia) agak terlambat karena lokasinya juga dekat dengan pantai. Jadi, mungkin debu-debu partikelnya masuk ke trek. Intinya satu, kotor, karena ada faktor laut, metode pembersihannya juga lain, harus memakai karpet yang ditarik, (aspal) tidak boleh disikat," kata Eddy.

Hari pertama tes Pol Espargaro dari Repsol Honda keluar sebagai pebalap tercepat. Ia mengalahkan sang kakak Aleix Espargaro yang menunggang motor tim Aprilia.

Espargaro menutup tes hari pertama dengan catatan waktu 1 menit 32,466 detik. Pebalap berusia 30 tahun tersebut unggul 0,471 detik dari sang kakak yang mengekor di posisi kedua.

Sesi tes akan berlangsung sampai Minggu, 13 Februari nanti. Adapun balapan di Mandalikan akan digelar pada 18-20 Maret 2022 atau setelah seri pertama di Losail International Sirkuit di Qatar.