Spanyol Kirim Empat Jet Tempur Eurofighter dan 130 Tentara ke Bulgaria

JAKARTA - Spanyol akan mengirim empat Jet tempur dan 130 tentara ke Bulgaria minggu ini untuk tugas kepolisian udara, di tengah ketegangan atas penempatan militer Rusia di perbatasan Ukraina, Kementerian Pertahanan Bulgaria mengatakan pada Hari Rabu.

Jet tempur Eurofighter Spanyol pertama diharapkan mendarat di Bulgaria pada akhir minggu, untuk tugas perlindungan wilayah udara bersama dengan Angkatan Udara Bulgaria hingga akhir Maret, kata kementerian itu.

"Misi tersebut menerapkan langkah-langkah untuk memastikan keamanan negara-negara anggota NATO di sisi Timur," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters 10 Februari.

Selain Spanyol, Belanda diperkirakan akan mengerahkan dua pesawat F-35 ke Bulgaria pada bulan April dan Mei untuk kegiatan kepolisian udara.

Bulgaria, anggota NATO sejak tahun 2004, berencana untuk membentuk kelompok pertempuran hingga 1.000 tentara di bawah komando Bulgaria dan bekerja sama erat dengan NATO, yang juga akan mencakup tentara dari negara-negara sekutu lainnya, yang bisa dibentuk pada April atau Mei.

Kemudian, Pemerintah Bulgaria memberi lampu hijau kepada Spanyol untuk mengirim hingga 10 pesawat tempur Eurofighter dan hingga 200 tentara untuk mendukung kegiatan kepolisian udara negara Laut Hitam itu dari Februari hingga April. Ada punBelanda diperkirakan akan mengerahkan dua pesawat F-35 ke Bulgaria pada bulan April dan Mei.

Tak hanya itu, berdasarkan kesepakatan dengan Bulgaria, Amerika Serikat dapat menyimpan hingga 2.500 tentara AS di beberapa pangkalan gabungan. Saat ini, ada 200 tentara AS beserta kendaraan tempur infanteri, tank, helikopter, dan peralatan militer lainnya untuk pelatihan hingga akhir Juni.

Untuk diketahui, Ukraina yakin masih ada peluang untuk menyelesaikan kebuntuan melalui diplomasi tetapi sudah ada alasan untuk menjatuhkan sanksi terhadap Moskow, Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba mengatakan pada Hari Rabu.