Sebelum Rilis, Medsos Baru Milik Trump Harus Bisa Penuhi Ketentuan di App Store dan Play Store agar Mendunia
JAKARTA - Hanya beberapa minggu lagi sebelum target peluncuran, Truth Social, media sosial baru yang dibuat oleh Donald Trump, masih mencoba untuk mencapai keseimbangan antara tujuan aplikasi ini dibuat dan persyaratan di toko aplikasi.
Media sosial ini diharapkan memberi basis pendukung mantan Presiden AS itu kebebasan untuk mengekspresikan diri, tanpa melanggar kebijakan toko aplikasi di Apple dan Google.
Peluncuran Truth Social muncul setahun setelah mantan Presiden AS itu dilarang menggunakan Facebook, Twitter, dan YouTube. Ini akan menjadi ujian besar apakah Trump Media & Technology Group (TMTG) dan perusahaan teknologi lain yang menggambarkan diri mereka sebagai pahlawan kebebasan berbicara dapat menyamai sikap "penjaga gerbang kebebasan" dari Lembah Silikon, yang dituduh kaum konservatif memadamkan kebebasan berekspresi.
TMTG telah berjanji untuk memberikan "pengalaman yang menarik dan bebas sensor" pada aplikasi Truth Social-nya. Ini sangat menarik bagi basis pendukung Trump yang merasa pandangannya tentang topik-topik hangat dalam kehidupan di Amerika seperti vaksin dan hasil pemilihan presiden 2020 telah dihapus. dari platform teknologi arus utama.
Namun tim teknologi Trump harus mendirikan pagar pengaman untuk memastikan Truth Social tidak dikeluarkan dari toko aplikasi yang dijalankan oleh Apple Inc dan Google Alphabet Inc. Nasib naas itu menimpa aplikasi konservatif populer, Parler, setelah kerusuhan 6 Januari 2021, di US Capitol. Tanpa toko-toko ini, tidak ada cara mudah bagi sebagian besar pengguna ponsel cerdas untuk mengunduh aplikasi.
Baca juga:
Risiko "de-platforming" seperti itu adalah prioritas utama bagi Kepala Eksekutif TMTG, Devin Nunes, mantan anggota kongres Partai Republik, saat timnya membuat aplikasi. Menyadari bahwa aplikasi akan menjadi target utama peretas sejak hari pertama, Nunes ingin memiliki talenta dunia maya di "tingkat negara-bangsa." Nunes telah mengatakan secara terbuka bahwa tujuan perusahaan adalah untuk meluncurkan aplikasi Truth Social pada akhir Maret.
Seperti dilaporkan oleh Reuters, hingga kini TMTG tetap diselimuti kerahasiaan dan dianggap skeptis oleh beberapa kalangan teknologi dan media. Dua eksekutif media konservatif menunjuk pada kegagalan nyata usaha itu untuk meluncurkan layanan beta pada bulan November, seperti yang direncanakan semula.
“Tidak ada yang mendekati saya atau tim saya,” kata salah satu orang dalam media konservatif. “Trump selalu menjadi bagian dari pulau (miliknya) sendiri.”
Misi TMTG untuk melawan Big Tech dibatasi oleh ketergantungannya pada Google dan Apple, yang mengoperasikan toko aplikasi yang mendominasi pasar smartphone. TMTG bekerja sama dengan Hive, sebuah perusahaan berbasis di San Francisco yang melakukan moderasi konten berbasis AI, untuk menandai konten seksual eksplisit, ujaran kebencian, intimidasi, dan konten kekerasan. Kemitraan itu sebagian didorong oleh keinginan TMTG agar aplikasi Truth Social tetap ada di Apple App dan Google Play store.
"Truth Social akan membutuhkan moderasi konten yang kuat dalam bentuk deteksi otomatis dan tim tatap muka, serta cara bagi pengguna untuk melaporkan postingan yang menyinggung," kata David Thiel, arsitek data besar dan kepala petugas teknologi Stanford Internet Observatory.
“Hal yang akan menjadi sulit adalah jika mereka berada dalam situasi seperti Parler, di mana mereka memiliki tingkat ujaran kebencian yang sedemikian rupa sehingga layanan hosting dan kemungkinan App Store mulai memperhatikan,” kata Thiel seperti dikutip Reuters.
Aplikasi Truth Social harus tunduk pada aturan App Store Apple yang mengharuskan pengembang menawarkan cara bagi pengguna untuk melaporkan konten yang menyinggung dan memberikan "tanggapan tepat waktu". Aturan tersebut juga melarang konten yang "mendorong kekerasan" atau "penggambaran yang mendorong penggunaan senjata dan benda berbahaya secara ilegal atau sembrono."