4 Rekomendasi KNKT Supaya TransJakarta Tak Sering Kecelakaan, Salah Satunya Road Hazard Mapping di Lintasan
JAKARTA - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah rampung melakukan evaluasi menyeluruh terkait rentetan kecelakaan armada TransJakarta. KNKT memberi empat rekomendasi untuk PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) terkait evaluasi keselamatan.
Plt. Kepala Sub Komite Moda Investigasi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) KNKT, Ahmad Wildan, mengatakan, empat rekomendasi evaluasi itu terkait manajemen resiko di TransJakarta, kelaikan armada, kelaikan awak, serta keselamatan rute atau lintasan.
"Setelah dilakukan evaluasi mendalam dan komprehensif serta mendengar masukan dari manajemen TransJakarta, kami memandang di dalam struktur organisasi TransJakarta perlu ada penambahan departemen khusus mengelola manajemen resiko serta memberikan jaminan keselamatan," kata Ahmad Wildan dalam keterangan pers di Kantor TransJakarta, Cawang, Jakarta, Rabu 22 Desember seperti dikutip dari Antara.
KNKT melihat di organisasi TransJakarta memang sudah ada unit yang menangani hal serupa. Masalahnya unit tersebut masih kecil sehingga perlu ditingkatkan.
"Unit pengelola manajemen resiko itu kedudukannya paling tidak sama dengan direktorat yang di bawah direktur utama dan dipimpin oleh direktur," saran dia.
Selain itu TransJakarta perlu melakukan pembenahan dalam hal standar operasional prosedur yang digunakan.
"Banyak hazard dan resiko sehingga diperlukan suatu prosedur yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan dan dinamika teknologi tersebut," ujarnya.
Terkait dengan keselamatan rute atau lintasan, menurut Wildan, KNKT juga merekomendasikan TransJakarta untuk melakukan pemetaan terkait resiko dari rute yang dilalui bus TransJakarta.
"Dalam rekomendasi ini, kami meminta BPTJ melakukan 'road hazard mapping' (RHM) terhadap lintasan TransJakarta, baik BRT, non-BRT, maupun di jalan tol. Kemudian keluarannya ini akan jadi kebijakan, dan penerapan," tutur Wildan.
Dengan adanya RHM, kata dia, diharapkan nantinya setiap pemangku kepentingan TransJakarta mengetahui apa yang harus dikerjakan untuk mengendalikan hazard dan resiko tersebut.
Terkahir kompetensi pengemudi, KNKT juga sudah berdiskusi dengan manajemen TransJakarta dan badan profesional sertifikasi profesi di mana perlu adanya review atas standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI) serta skema kompetensi profesi.
"Terkait dengan kompetensi pengemudi, pada 2022 TransJakarta akan membuat akademi. Direncanakan akan dibuat suatu mekanisme pendidikan dan pelatihan untuk menciptakan pengemudi yang memiliki tiga ring kompetensi, yaitu terkait pengetahuan, keterampilan, dan sikap baik," katanya.
Baca juga:
- KNKT Rekomendasikan ‘Driver Resource Management’ Usai Marak Kecelakaan Transjakarta
- Polemik Kecelakaan Transjakarta: Pengakuan Sopir Sering Kerja Overtime dan Bantahan Dirutnya
- Wagub DKI Bilang Belum Ada Solusi untuk Persoalan TransJakarta
- Mulai Audit Kecelakaan Bus Transjakarta, KNKT Soroti Faktor Sembrono Hingga Kelelahan Sopir