Tahun 2021 Jadi Masa Tersibuk NASA untuk Persiapkan Misi Besar ke Bulan dan Mars

JAKARTA – Tahun 2021, menjadi tahun tersibuk bagi NASA. Badan Luar Angkasa Amerika Serikat  ini telah menyelesaikan tahun ini dengan pengembangan teknologinya di orbit rendah Bumi. Selain itu juga segera membuat sejarah peluncuran ke  Mars. Ada pula pengembangan rencana Artemis untuk misi ke Bulan.

NASA juga telah  menguji teknologi baru untuk pesawat supersonik, menyelesaikan persiapan peluncuran untuk generasi berikutnya dari teleskop luar angkasa, James Web dan banyak lagi. Semua proyek beroperasi dengan aman selama pandemi dan menyambut kepemimpinan baru di bawah Pemerintahan Presiden  AS Joe Biden dan Wapres Harris.

“Di NASA, kami mengubah fiksi ilmiah menjadi fakta ilmiah, dan kami melakukannya setiap hari. Dari melanjutkan peluncuran astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dari tanah Amerika hingga mendaratkan penjelajah Perseverance di Mars dan mencatat penerbangan pertama di planet lain, 2021 adalah tahun panji bagi badan antariksa utama dunia dan seluruh umat manusia,” kata Administrator NASA, Bill Nelson, yang dilantik 3 Mei lalu oleh Wakil Presiden Kamala Harris.

“Tahun depan, NASA akan mencapai prestasi yang lebih berani dengan penemuan-penemuan baru dan kemajuan teknologi, terutama karena misi Artemis I kami telah membuka jalan bagi misi awak masa depan ke Bulan – dan seterusnya,” tambah Nelson yang dikutip dari Blog NASA.

Di antara banyak pencapaian sains untuk tahun ini, NASA melanjutkan persiapan untuk meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb pada 24 Desember dari Guyana Prancis. Mereka sudah  berhasil mendaratkan rover Perseverance di permukaan Mars, dan mengemudikan Ingenuity, helikopter  Mars  – yang pertama bertenaga, dikendalikan untuk terbang di planet lain.

NASA juga telah menyambut kembali ke Bumi, dua set pertama astronot awak komersial untuk menyelesaikan misi ekspedisi di Stasiun Luar Angkasa Internasional dan meluncurkan Crew-3 ke laboratorium yang mengorbit.

Selama misi Crew-2, para astronot menghabiskan rekor AS 199 hari di orbit, dan melampaui 168 hari yang ditetapkan oleh misi Crew-1 awal tahun ini.

Badan tersebut memajukan rencana untuk menjelajahi lebih banyak Bulan melalui Artemis, dan berjanji untuk mengirim wanita pertama dan orang kulit berwarna pertama ke permukaan bulan.

Untuk membuka jalan bagi misi bulan masa depan dengan kru, NASA menyelesaikan penumpukan roket Sistem Peluncuran Luar Angkasa, dengan pesawat ruang angkasa Orion untuk misi Artemis I yang diluncurkan pada musim semi-2022.

Selain sorotan lainnya, NASA juga memilih SpaceX untuk melanjutkan pengembangan dan demonstrasi pendarat lunar manusia komersial pertama.

Tahun ini, pemerintahan Biden-Harris juga menunjuk NASA untuk bergabung dengan Satuan Tugas Iklim Gedung Putih. Badan tersebut juga membentuk posisi baru sebagai penasihat iklim senior dan merilis rencana aksi iklim yang bertujuan untuk menghindari dampak misi akibat perubahan iklim.

NASA juga mengambil tindakan untuk meluncurkan teknologi penerbangan supersonic ke lebih banyak bandara untuk membantu menghemat waktu bagi penumpang, mendorong batas-batas untuk membuat aeronautika lebih hijau dan lebih efisien.