Empat Titik Rawan Pohon Tumbang di Jakut Mulai Dipangkas Petugas Pertamanan

JAKARTA - Petugas Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara mulai memangkas sejumlah pohon di sepanjang Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara. Pemangkasan pohon jenis glodokan tiang, trembesi, tanjung dan palem ini sebagai antisipasi terhadap ancaman pohon tumbang.

"Jadi pemangkasan pohon ini mengantisipasi resiko pohon tumbang apabila terjadi angin kencang," kata Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara, Elly Sugestianingsih saat dikonfirmasi, Sabtu 18 Desember.

Lebih lanjut Elly mengatakan, pemangkasan deretan pohon rimbun di Jalan Yos Sudarso ini merupakan salah satu tindak lanjut pengananan pohon rawan tumbang yang dilakukan serentak di lima wilayah DKI Jakarta.

"Jika ada masyarakat yang mengetahui ada pohon rimbun apalagi terlihat rawan tumbang, segera bersurat kepada kami untuk segera di lakukan pemangkasan," ujarnya.

Pemangkasan pohon rimbun sering dilakukan di sejumlah titik wilayah Jakarta Utara. Masyarakat bisa mengajukan permohonan pemangkasan pohon rimbun kepada petugas.

"Laporan bisa juga ke Satpel (Satuan Pelaksana) kami yang bertugas di setiap kecamatan," ucapnya.

Adapun titik yang fokus pada penanganan pemangkasan pohon rimbun di Jalan Yos Sudarso ada di samping Gerbang Tol Sunter atau depan apartemen Sunter Park View, Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU), dekat Pintu III Pertamina dan Pos Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air Kecamatan Kelapa Gading.

"Ditargetkan sekitar lima puluh pohon dipangkas dengan bantuan delapan puluh petugas yang dibagi menjadi enam tim. Pemangkasan menggunakan alat sensaw (gergaji rantai mesin) yang dibantu dengan enam dump truck (truk jungkit), dan dua mobil tangga," katanya.