Wartawan Rombongan Kunjungan Kerja Menlu AS Antony Blinken Ada yang Dinyatakan Positif COVID-19

JAKARTA - Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan seorang jurnalis yang menemani Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam perjalanan ke Inggris dan Asia Tenggara telah dinyatakan positif COVID-19.

Mengutip AP 15 Desember, juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price mengatakan, jurnalis itu, salah satu dari 12 anggota korps pers perjalanan dalam perjalanan Blinken, dinyatakan positif terkena virus corona pada Hari Rabu di Malaysia.

Baik Menlu Blinken, staf seniornya, atau anggota korps pers lainnya tidak dinyatakan positif, menurut Price.

Menlu Blinken tiba di Kuala Lumpur Selasa malam dari Jakarta, Indonesia, dan masih berencana untuk melakukan pemberhentian terakhirnya di Bangkok, Thailand, Rabu malam.

Dia memulai perjalanannya saat ini di kota Liverpool, Inggris, di mana dia berpartisipasi dalam pertemuan menteri luar negeri Kelompok Tujuh selama akhir pekan.

Departemen Luar Negeri telah menguji orang-orang di pesawat Blinken untuk virus setiap hari dan Ned Price mengatakan wartawan itu dites negatif di Liverpool dan Jakarta.

Diatribusikan kepada Ned Price, "Kami mengetahui pagi ini, melalui pengujian PCR rutin kami, bahwa seorang anggota kelompok pers perjalanan kami dinyatakan positif COVID-19 setibanya di Kuala Lumpur. Orang tersebut terakhir kali dites negatif di Jakarta, pemberhentian kami sebelumnya. Individu yang dites positif akan tetap diisolasi, dan kami akan terus mematuhi dan melampaui panduan CDC, termasuk dengan protokol pengujian ketat kami, untuk rombongan perjalanan yang tersisa."

"Sekretaris dan staf seniornya juga dites setibanya di Kuala Lumpur, dan semuanya dinyatakan negatif."

Diberitakan sebelumnya, Menlu Blinken melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Indonesia pada 13-14 Desember. Ia melakukan sejumlah pertemuan dan kegiatan, di antaranya bertemu Presiden Joko Widodo dan Menlu Retno Marsudi.