10 Detik Berharga dalam Hidup Gibran 'Jokowi' Rakabuming, Rasakan Ketegangan Saat Leher Dikalungi Ular Sanca 2 Meter

JAKARTA - Ekspresi tegang sekaligus takut ditunjukan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat dikalungkan ular sanca di lehernya oleh salah satu relawan dari relawan komunitas Exotic Animal Lovers Indonesia (Exalos). 

Momen ini terjadi saat Gibran menghadiri apel Hari Ulang Tahun Relawan Internasional 2021 di Lapangan Gedung Rektorat Universitas Sebelas Maret (UNS), Selasa, 14 Desember. 

Usai upacara, Gibran menyempatkan diri memberikan salam kepal tangan pada relawan, petugas dan warga yang hadir dalam peringatan tersebut. Saat bertemu dengan anggota relawan, Gibran pun ditawarkan untuk berkenalan lebih dekat dengan ular sanca 2 meter yang dibawa. 

"Mau? Kalungkan saja," ujar seorang pria anggota exalos pada Gibran dikutip dari Youtube berita surakarta, Selasa, 14 Desember. Si pria kemudian mengeluarkan ular sanca dari kantong yang dibawanya.

Tampak Gibran ragu-ragu dengan tawaran si pemuda. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini pun bertanya jenis ular apa yang dibawa tersebut.

"Ular Sanca. Aman kok," kata pria itu meyakinkan Gibran. 

Gibran masih ragu. Dia meminta memegang langsung hewan melata tersebut sambil pria tersebut terus meyakinkan kalau ular ini aman untuk dikalungkan.

"Ora masalah megange tapi iki lho," ucap Gibran menunjuk kepala ular. Mendengar hal itu, warga hingga aparat kepolisian yang ada disekitar Gibran tertawa. 

Si pria anggota relawan secara perlahan mengalungkan ular sanca ke leher Gibran sambil meminta izin. Gibran pun menundukan badan dan kedua tangannya memegang tubuh ular. Ekspresi Gibran terlihat tegang. Cukup 10 detik, Gibran lantas meminta pria tersebut untuk mengambil kembali ular sanca.

"Wis wis wis," tutur Gibran disambut gelak tawa dan tepuk tangan relawan. 

Dalam apel tersebut, Gibran Rakabuming mengajak seluruh relawan agar membangun koordinasi dengan pemerintah baik TNI, Polri serta dunia usaha. Gibran juga mengajak seluruh relawan membangun sifat kesadaran sukarela untuk mempererat tali persaudaraan antar organisasi.

Gibran juga menyerahkan bantuan 1.000 pohon secara simbolis dengan menanam pohon didampingi ketua umum Eka Tjipta Foundation.