Angkatan Udara Amerika Serikat Pecat 27 Anggotanya Karena Menolak Vaksinasi COVID-19

JAKARTA - Angkatan Udara Amerika Serikat mengumumkan pemecatan 27 anggotanya, karena menolak menerima vaksin COVID-19, menjadi prajurit tugas aktif pertama yang diyakini diberhentikan karena menolak vaksin.

Pentagon mengumumkan vaksin COVID-19 wajib untuk semua anggota layanan pada Bulan Agustus lalu. Sejak saat itu, sebagian besar pasukan tugas aktif telah menerima setidaknya satu dosis.

Ann Stefanek, juru bicara Angkatan Udara, mengatakan pasukan diberi kesempatan untuk menjelaskan mengapa mereka menolak untuk divaksinasi, tetapi tidak satupun dari mereka diberikan pengecualian, melansir Reuters 14 Desember.

Sementara, sekitar 97 persen personel Angkatan Udara divaksinasi terhadap virus, jumlah yang jauh lebih tinggi daripada populasi umum Amerika Serikat. Angkatan Udara dan Luar Angkasa memiliki sekitar 326.000 personel tugas aktif.

Mengutip The Guardian, Stefanek mengatakan Angkatan Udara memberi pasukannya waktu hingga 2 November untuk mendapatkan vaksin dan ribuan menolak atau mencari pengecualian.

Dia mengatakan, mereka semua dalam masa wajib militer pertama mereka, jadi mereka adalah personel yang lebih muda dan berpangkat lebih rendah. Dan sementara angkatan udara tidak mengungkapkan jenis pemecatan yang diperoleh seorang anggota dinas, undang-undang yang berjalan melalui Kongres membatasi militer untuk memberi pasukan dalam kasus penolakan vaksin pemecatan secara terhormat atau pemecatan umum di bawah kondisi yang terhormat.

Menurut data angkatan udara terbaru, lebih dari 1.000 penerbang menolak tembakan dan lebih dari 4.700 mencari pengecualian agama. Tak satu pun dari 27 penerbang meminta jenis pengecualian apa pun, medis, administrasi atau agama, ungkap Stefanek.

Beberapa pejabat dari layanan lain mengatakan mereka percaya bahwa sejauh ini hanya Angkatan Udara yang dalam proses dan memberhentikan orang karena penolakan vaksin.

Akibatnya, mereka secara resmi dikeluarkan dari dinas karena gagal mematuhi perintah. Stefanek mengatakan mungkin juga beberapa memiliki pelanggaran lain dalam catatan mereka, tetapi semua memiliki penolakan vaksin sebagai salah satu elemen pelepasan mereka.

Bukan hal yang aneh jika anggota militer dikeluarkan dari dinas karena tidak mematuhi perintah. Sebagai perbandingan, Stefanek mengatakan bahwa dalam tiga kuartal pertama tahun 2021, sekitar 1.800 penerbang diberhentikan karena gagal mengikuti perintah.

Untuk diketahui, anggota Angkatan Laut dan Korps Marinir memiliki waktu hingga 28 November untuk mendapatkan vaksin dan anggota cadangan mereka memiliki waktu hingga 28 Deember.

Adapun prajurit tugas aktif Angkatan Darat memiliki waktu hingga Rabu mendatang dan anggota Garda Nasional serta cadangan memiliki waktu paling banyak untuk divaksinasi, dengan batas waktu 30 Juni 2022.

Pada 10 Desember, Pentagon mengatakan 96,4 persen anggota tugas aktif telah menerima setidaknya satu tembakan. Namun, jumlah tersebut turun menjadi sekitar 74 persen, ketika penjaga dan cadangan disertakan. Sedangkan menurut Centers for Disease Control, sekitar 72 persen dari populasi AS 18 dan lebih tua telah mengambil setidaknya satu dosis.