NHTSA Tengah Diskusikan Penarikan Tesla Model S, X dan 3 Terkait Fitur  Kamera

JAKARTA - Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) menyatakan  pada Kamis, 9 Desember bahwa pihaknya sedang mendiskusikan dengan Tesla tentang keputusannya untuk mengganti kamera di beberapa kendaraan AS.

CNBC melaporkan pada Senin lalu, bahwa  Tesla mengganti kamera spatbor depan di beberapa ratus kendaraan  Model S, X dan 3 karena papan sirkuit yang rusak di dalamnya tetapi belum mengeluarkan penarikan secara resmi.

NHTSA mengatakan sedang "memantau semua sumber data" termasuk keluhan konsumen, dan juga mendesak "publik untuk memberi tahu NHTSA jika menurut mereka kendaraan mereka mungkin memiliki cacat keamanan yang bukan bagian dari penarikan saat ini."

Undang-undang AS "melarang produsen menjual kendaraan dengan cacat desain yang menimbulkan risiko tidak masuk akal terhadap keselamatan," kata badan tersebut, seraya menambahkan bahwa pihaknya memiliki "alat penegakan yang kuat untuk melindungi publik, untuk menyelidiki potensi masalah keselamatan, dan bertindak ketika kami menemukan bukti ketidakpatuhan atau pelanggaran. risiko yang tidak masuk akal untuk keselamatan."

Dilaporkan oleh Reuters, Kelompok konsumen mengatakan regulator perlu melihat apakah Tesla seharusnya menarik kembali suku cadang yang rusak tersebut.

“Laporan perbaikan kampanye layanan untuk kamera front-end yang tidak berfungsi yang sangat penting untuk suite bantuan pengemudi Tesla cukup penting untuk keselamatan kendaraan untuk mendapatkan eksplorasi oleh NHTSA,” kata Jason K. Levine, direktur eksekutif di Center for Auto Safety  seperti dikutip oleh Reuters.

"Kenyataannya adalah bahwa industri otomotif memiliki sejarah panjang dalam memilih untuk melakukan kampanye layanan daripada penarikan, tetapi terlalu dini untuk mengatakan apakah itu yang terjadi di sini," tambahnya.

“Kerusakan kamera fender depan, sistem keamanan yang digunakan untuk pemantauan blind spot, kemungkinan akan menimbulkan risiko keselamatan,” kata David Friedman, mantan pejabat administrasi di NHTSA dan sekarang Wakil Presiden di Consumer Reports.

"Jika orang kehilangan akses yang dapat diandalkan ke gambar blind spot, atau efektivitas autopilot atau pengereman darurat otomatis terhambat, kerusakan tersebut tampaknya menimbulkan risiko yang tidak masuk akal," katanya.

Tesla tidak segera tersedia untuk dimintai komentar oleh Reuters terkait hal tersebut.