Cara Mengetahui Berapa Lama Waktu yang Anda Gunakan untuk Bermain Instagram

YOGYAKARTA - Instagram menjadi platform media sosial yang digemari oleh banyak kalangan, terutama remaja. Bahkan, banyak orang yang menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk bermain Instagram.

Jika Anda terlalu banyak menggunakan Instagram, tentu hal itu tidak baik arena bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Oleh karenanya, pengguna dapat mengatur dan mengetahui berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk bermain Instagram setiap harinya.

Cara mengetahuinya pun sangat mudah karena saat ini Instagram telah memiliki fitur bernama Time atau Waktu yang memungkinkan pengguna mengetahui berapa lama waktu yang dia gunakan membuka Instagram.

Oleh karenanya, Anda dapat mengatur penggunaan Instagram apabila jumlah yang Anda habiskan untuk bermain Instagram terlalu banyak, sehingga mempengaruhi produktivitas atau pekerjaan yang Anda lakukan.

Jika Anda belum tahu cara mengetahui lama waktu yang Anda gunakan untuk bermain Instagram, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI dalam artikel di bawah ini.

Cara Mengetahui Waktu yang Anda Gunakan Bermain Instagram

Untuk mengetahui berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk membuka aplikasi Instagram, pengguna dapat membuka aplikasi Instagram dan login menggunakan akun Anda.

Selanjutnya, klik menu profil di sebelah pojok kanan bawah halaman utama Instagram Anda. Setelah itu, klik ikon tiga titik yang berada di pojok kanan atas halaman profil Instagram Anda.

Akan muncul sejumlah menu yang dapat Anda pilih. Untuk mengetahui berapa banyak waktu yang Anda gunakan, klik menu "Aktivitas", kemudian pilih menu "Waktu".

Pada halaman berikutnya, pengguna akan diperlihatkan berapa lama rata-rata waktu yang Anda habiskan untuk membuka aplikasi Instagram dalam seminggu terakhir.

Adapun waktu yang dihitung dimulai dari setiap Anda login ke aplikasi Instagram di ponsel, sampai Anda menutup aplikasi Instagram atau beralih ke aplikasi lainnya di ponsel Anda.

Jika Anda merasa waktu yang digunakan terlalu, banyak maka pengguna dapat mulai mengurangi membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda untuk menjaga kesehatan dan juga produktivitas Anda.

Apabila Anda kesulitan untuk mengatur penggunaan Instagram secara mandiri, Anda dapat mengaktifkan menu pengingat di aplikasi Anda untuk membantu pengguna mengatur penggunaan media sosial.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk bermain Instagram selama 7 hari terakhir. Jika Anda merasa waktu yang digunakan terlalu banyak, maka pengguna dapat mulai mengurangi penggunaan Instagram.