Industri Periklanan Global Meningkat  Tahun 2021, Google dan Facebook Dominasi Iklan Online

JAKARTA – Industri periklanan global akan mencatat pertumbuhan yang lebih tinggi tahun ini dari yang diperkirakan sebelumnya. Bahkan kemungkinan akan terus berlanjut pada tahun 2022.

Banyak merek kini lebih mengandalkan mesin pencari dan perusahaan media sosial seperti Google milik Alphabet Inc dan Meta Platforms Inc. untuk menjangkau pelanggan selama pandemi, menurut dua perkiraan industri iklan yang dirilis pada Senin, 6 Desember.

Meskipun satu tahun ini ditandai oleh gangguan rantai pasokan di seluruh dunia yang menunda produk untuk mencapai rak dan pembatasan privasi pengguna oleh Apple Inc yang dikhawatirkan banyak orang akan mengganggu periklanan seluler, merek terus beriklan online dan mempromosikan e-niaga untuk belanja di dalam toko.

“Namun kebijakan itu lambat untuk kembali normal karena pandemi yang sedang berlangsung,” kata Jonathan Barnard, direktur intelijen global di perusahaan periklanan Zenith, seperti dikutip oleh Reuters.

Bisnis baru yang terbentuk selama pandemi, memerlukan bantuan iklan untuk menemukan pelanggan baru. Sementara yang lain kemungkinan akan mempertahankan pengeluaran iklan untuk tetap berada di benak konsumen, kata Brian Wieser, presiden global intelijen bisnis di agensi iklan GroupM.

GroupM memperkirakan belanja iklan global tumbuh 22,5% pada 2021 dari tahun sebelumnya, sementara Zenith memperkirakan pertumbuhan 15,6%. Kedua estimasi tersebut direvisi naik dari ekspektasi sebelumnya.

"Ini mungkin tahun dengan pertumbuhan tercepat dalam hal industri periklanan," kata Wieser dalam konferensi UBS, Senin lalu. Pengeluaran iklan global diperkirakan akan tumbuh sekitar 9% pada tahun 2022, menurut laporan tersebut.

Pertumbuhan tersebut merupakan keuntungan bagi Alphabet, Meta dan Amazon.com Inc, agen utama iklan digital dan yang sekarang menyumbang lebih dari setengah dari semua pengeluaran iklan di luar China. Jumlah itu meningkat dari mendekati 40% pada tahun 2019, kata GrupM.

Itu juga datang ketika Alphabet dan Meta, perusahaan yang sebelumnya dikenal sebagai Facebook, yang keduanya menghadapi penyelidikan antimonopoli di Amerika Serikat dan Eropa.

Kebutuhan pemasar untuk menjangkau konsumen secara langsung juga telah membawa keberhasilan pengecer seperti Walmart, Target, dan Kroger untuk dengan cepat mengembangkan bisnis penjualan iklan mereka sendiri.

Hal ini memungkinkan merek untuk menggunakan data pembelanja mereka untuk menargetkan lebih banyak pelanggan. Bentuk iklan ini tumbuh 47% tahun ini menjadi total 77 miliar dolar AS dan diperkirakan akan tumbuh menjadi 143 miliar dolar AS pada tahun 2024, menurut Zenith.

Jaringan media ritel telah didirikan di China selama lebih dari satu dekade, tetapi pertumbuhan di pasar lain luar biasa, kata Barnard. "Dalam lima tahun terakhir, itu telah tumbuh secara eksplosif entah dari mana di luar China," katanya.