Tips dari Kaspersky agar Ponsel Terlindungi dari Kebocoran Data

JAKARTA - Ponsel dengan sistem operasi Android memang tidak luput dari ancaman virus maupun aksi penjahat siber lainnya. Lalu bagaimana cara menjaganya agar aman dan terbebas dari hal yang berbahaya tersebut?

Kendati demikian, tidak semua pengguna ponsel Android yang kerap memperhatikan keamanan perangkatnya. Oleh karena itu, tidak jarang kalau ponsel mereka terinfeksi virus berbahaya atau mudah diakses orang lain.

Agar membuat ponsel Anda awet dan terhindari dari serangan tersebut, simak tips berikut ini yang diberikan Kaspersky.

1. Memeriksa Aplikasi

Terkadang saking gemarnya men-download aplikasi yang terlihat bagus, pengguna tidak memerhatikan menyoal keamanannya. Untuk itu, mulailah dengan daftar aplikasi yang diinstal.

Telusuri dengan cermat dan segera menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Dengan ini, secara tidak langsung Anda tentu mendapatkan banyak manfaat, bukan hanya terbebs dari virus melainkan mengosongkan ruang pada ponsel cerdas Anda dan meningkatkan kinerjanya.

Begitupula dengan masa pakai baterai yang akan bertahan lebih lama dari biasanya. Tidak hanya itu, Anda juga tidak akan menjadi target bagi mata-mata dan pencuri data pribadi yang Anda simpan di ponsel.

2. Memeriksa Izin Aplikasi

Jika sudah mengurangi daftar aplikasi pada ponsel Anda, kini saatnya Anda perlu hati-hati dalam memberikan izin. Semakin banyak izin yang dimiliki aplikasi, semakin banyak hal yang dapat dilakukan pada perangkat Anda.

Khususnya, semakin banyak data pribadi yang dikumpulkan oleh aplikasi. Jadi sebaiknya hanya berikan izin setiap aplikasi seminimal mungkin untuk pengoperasian dan berikan izin hanya jika Anda mempercayai aplikasi tersebut.

3. Memeriksa Pembaruan

Pembaruan pada aplikasi selalu penting karena dapat memperbaiki kerentanan, yang berarti pembaruan itu dapat melindungi ponsel Anda dari serangan.

Diketahui, aplikasi dari Google Play umumnya diperbarui secara otomatis, namun untuk memastikan, Anda dapat mengecek secara langsung dan mengupdatenya sendiri.

4. Melakukan Pemindaian dengan Antivirus

Dengan memasang antivirus di ponsel, Anda bisa selalu mengecek atau meminda aplikasi, file dan lainnya yang Anda simpan di ponsel.

Meskipun terlihat sepele, namun segala kemungkinan dapat muncul dari waktu ke waktu. Anda bisa memilih antivirus yang dapat diakses secara gratis namun ketika ingin memindai ponsel, Anda harus melakukannya secara manual. Berbeda dengan Kaspersky Security Cloud for Android yang secara otomatis dapat memindai ponsel.

5. Periksa Ponsel Apakah Ada Kebocoran Data

Ponsel merupakan perangkat yang mudah dibawa dan dapat diperasikan sebagai pengganti buku catatan. Tentu saja Anda banyak menyimpan informasi pribadi di dalamnya.

Begitupun dengan foto hingga aplikasi jejaring sosial dengan seluruh percakapan yang Anda miliki. Sayangnya, kebocoran data menjadi lebih umum saat ini.

Misalnya saja kata sandi atau nomor kartu bank Anda jatuh ke tangan pelaku kejahatan siber, seketika Anda telah menjadi korban. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mencari informasi sesering mungkin bagaimana cara melindungi ponsel Anda dari kebocoran data.

Sementara itu, Kaspersky menyarankan bahwa Anda bisa menggunakan Kaspersky Security Cloud yang dapat memberikan rekomendasi apa yang harus Anda lakukan untuk membuat ponsel Anda aman.