Antisipasi Lonjakan COVID-19 dan Hindari Penguncian, Prancis akan Percepat Pemberian Dosis Penguat

JAKARTA - Otoritas Prancis diperkirakan akan mengumumkan suntikan penguat COVID-19 akan tersedia untuk semua orang dewasa, serta aturan yang lebih ketat tentang pemakaian masker wajah dan pemeriksaan kesehatan yang lebih ketat untuk mengekang gelombang infeksi baru, media Prancis melaporkan.

Mengutip Reuters 25 November, Menteri Kesehatan Olivier Veran akan mengadakan konferensi pers pada tengah Hari Kamis ini waktu setempat.

Pemerintah Presiden Emmanuel Macron pada Hari Rabu mengatakan akan fokus pada aturan jarak sosial yang lebih ketat, dengan program pendorong yang lebih cepat dan ingin menghindari penguncian yang diberlakukan kembali oleh beberapa negara Eropa lainnya.

BFM TV dan surat kabar harian Le Figaro termasuk di antara media lokal yang merinci strategi pemerintah untuk memerangi gelombang infeksi baru yang menyebar cepat.

Penundaan antara vaksinasi penuh dan suntikan booster akan dikurangi menjadi lima bulan dari enam bulan, dengan tes PCR untuk yang tidak divaksinasi hanya akan berlaku untuk satu hari, kata BFM dan Le Figaro.

Vaksin booster akan semakin menjadi persyaratan untuk izin kesehatan yang valid, yang diperlukan di Prancis guna memasuki restoran, kafe, bioskop dan museum di antara tempat-tempat umum lainnya.

Sebelumnya, Prancis akan mengumumkan langkah-langkah pencegahan infeksi COVID-19 baru pada hari ini, karena tingkat infeksi melonjak secara nasional, tetapi tidak merencanakan penguncian baru seperti beberapa negara Uni Eropa lainnya.

Juru bicara pemerintah Gabriel Attal mengatakan pada Hari Rabu, pemerintah ingin menghindari pembatasan besar pada kehidupan publik, lebih memilih jarak sosial yang lebih ketat, mempercepat kampanye booster vaksinasi dan memperketat aturan tentang penggunaan izin kesehatan.

"Kita harus melindungi rakyat Prancis dengan membangun apa yang kita miliki, untuk menyelamatkan perayaan akhir tahun dan melewati musim dingin sebaik mungkin," ujar Attal dalam konferensi pers.

Izin kesehatan Prancis, yang memungkinkan masuk ke kafe, restoran, museum, bioskop, dan tempat umum lainnya untuk orang yang divaksinasi atau memiliki tes COVID negatif baru-baru ini, adalah alasan utama mengapa tingkat infeksi di Prancis lebih rendah daripada di negara-negara tetangga, kata Attal .

Diperkenalkan musim panas ini, izin tersebut menyebabkan lonjakan vaksinasi baru, membuat pemerintah dapat meningkatkan efisiensinya dengan meningkatkan kontrol atas penggunaannya.

Attal menolak untuk merinci langkah-langkah apa yang mungkin diumumkan pada Hari Kamis, tetapi pemerintah diharapkan mengikuti saran regulator kesehatan HAS untuk memperpanjang dosis ketiga vaksin untuk semua orang yang berusia di atas 40 tahun.

Sejauh ini suntikan ketiga hanya tersedia untuk orang berusia di atas 65 tahun dan yang rentan, tetapi mulai 1 Desember juga untuk orang di atas 50 tahun. Pemerintah juga dapat meningkatkan pekerjaan rumahan.

Attal mengatakan, meskipun ada langkah-langkah baru, gelombang kelima epidemi kemungkinan akan memburuk dalam beberapa hari mendatang.

Sementara, pemerintah memperkirakan akan melihat peningkatan tekanan yang signifikan pada rumah sakit dalam beberapa minggu mendatang, berharap tidak tenggelam oleh masuknya pasien karena vaksinasi secara drastis mengurangi risiko gejala serius.

"Kami tidak lagi melihat hubungan, seperti yang kami lihat selama tiga gelombang pertama, antara jumlah infeksi dan jumlah rawat inap," sebutnya.

Untuk diketahui, Prancis melaporkan 32.591 kasus COVID-19 baru pada hari Rabu, sementara jumlah pasien COVID dalam perawatan intensif mendekati ambang 1.500.