Cucu Konglomerat Mochtar Riady Sebut Properti Akan Jadi Investasi Terbaik dalam 10-20 Tahun ke Depan
JAKARTA - Pengembang properti PT Lippo Karawaci Tbk menilai bahwa properti akan menjadi the best investment dalam 10-20 tahun ke depan. Hal ini didukung oleh pasar milenial yang bakal semakin besar.
"Melihat pangsa pasar milenial yang sangat besar hingga 60 persen, kami sangat paham bahwa dalam 10-20 tahun ke depan, properti akan menjadi the best investment," ujar Chief Executive Officer (CEO) PT Lippo Karawaci Tbk John Riady dalam keterangan tertulis, Rabu 24 November.
John menjelaskan, kalangan milenial yang merupakan the real end user sangat tertarik untuk membeli rumah harga di bawah Rp2 miliar. Bagi kalangan milenial, properti sudah seperti dunia fashion yang kini bukan selalu mengenai brand mahal, namun juga keterjangkauan serta functionality terbaik.
"Untuk itu maka kami membangun rumah dengan desain tropical modern yang memberi kesan hangat sesuai dengan karakteristik milenial yang sangat peduli dengan energy efficiency," kata John.
John mengungkapkan bahwa rumah merupakan kebutuhan yang riil. Saat ini konsumen sudah memiliki purchase power maka terjadilah demand pasar lebih tinggi dibandingkan unit yang tersedia.
Dengan pendapatan per kapita Indonesia sekitar 3.900 dolar AS dan suku bunga perbankan cenderung turun menjadikan affordability masyarakat meningkat.
"Kami sebagai pengembang harus inovatif untuk dapat memenuhi permintaan pasar yang sangat besar," ujarnya.
Dia mengatakan, dari 80 juta rumah tangga di Indonesia dalam 10 tahun ke depan akan naik 20 persen berarti akan tercipta pasar 16 juta rumah tangga.
Baca juga:
- Berkat Proyek Ini, Lippo Karawaci Milik Konglomerat Mochtar Riady ini Optimis Raup Marketing Sales Rp4,2 Triliun
- RUPSLB Bank Nobu Milik Konglomerat Mochtar Riady Setujui Rights Issue 500 Juta Saham Baru
- Berkat Rumah yang Menyasar Milenial, Lippo Cikarang Milik Konglomerat Mochtar Riady Optimis Raup Marketing Sales Rp4,2 Triliun
- Survei: UMKM Merasa Terbantu saat Bergabung di Platform Pembayaran Digital OVO Milik Konglomerat Mochtar Riady
"Katakanlah, sebanyak 50 persen merupakan pasar rumah bersubsidi, sisa 50 persen adalah segmen rumah menengah Rp1 miliar ke atas. Lippo Karawaci saja baru dapat menyediakan sekitar 3.000-an unit rumah per tahun," papar John.
Lippo Karawaci telah membuktikan keberhasilan penjualan rumah yang terus meningkat dengan melakukan 8 kali peluncuran Cendana Series sepanjang tahun 2020–2021 yang selalu sold out dalam waktu rata-rata 3 jam.
Awal Desember 2021, Lippo Karawaci mempersiapkan penjualan rumah tapak segmen menengah atas mulai harga Rp800 juta ‘Cendana Cove’.
Lippo Karawaci telah meningkatkan prapenjualan sembilan bulan pertama tahun 2021 menjadi Rp3,9 triliun dan telah mencapai 93 persen dari target di tahun 2021 sebesar Rp4,2 triliun. Dengan peluncuran Cendana Cove pada kuartal IV 2021, Lippo Karawaci diprediksi akan berhasil bahkan melampaui target prapenjualan tahun 2021.