Cara Mudah Menambahkan Akun Gmail di Ponsel, Bikin Aktivitas Makin Lancar

YOGYAKARTA - Akun Google Mail atau Gmail, menjadi satu hal yang wajib dimiliki oleh pengguna ponsel. Saat Anda membeli perangkat baru, pengguna akan diminta untuk memasukkan akun Gmail untuk menjalankan sejumlah layanan seperti Google Maps, Google Drive dan sebagainya.

Setelah mendaftarkan salah satu akun Gmail Anda, pengguna dapat menikmati berbagai layanan di ponsel pengguna. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan akun baru untuk membedakan data yang bersifat pribadi dan pekerjaan.

Membuat 2 akun Gmail atau lebih di dalam satu perangkat pun dapat memudahkan pengguna apabila salah satu akun mengalami masalah sehingga tidak dapat digunakan. Terlebih jika hal tersebut berhubungan dengan pekerjaan.

Cara untuk menambahkan akun Gmail di ponsel cukup mudah, karena pengguna dapat menambahkan beberapa akun Gmail di dalam perangkat Anda untuk digunakan sesuai kebutuhan. Jika pengguna belum tahu cara melakukannya, maka dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Menambahkan Akun Gmail di Ponsel 

Untuk menambahkan akun baru di dalam perangkat Anda seperti ponsel, pengguna dapat membuat akun terlebih dahulu.

Saat mengoperasikan smartphone, Anda sudah memiliki 1 akun yang digunakan di perangkat tersebut. Untuk menambahkan akun baru, pengguna dapat masuk ke menu pengaturan yang ada perangkat Anda.

Setelah masuk ke menu "Setting" atau pengaruran, pengguna dapat mencari menu "Account" yang berada di bagian bawah daftar menu yang muncul setelah Anda membuka menu pengaturan.

Pilih opsi menu tersebut dan pilih "Add Account" untuk menambahkan akun Gmail berikutnya, yang ingin Anda gunakan.

Klik Google, setelah itu lakukan verifikasi akun. Jika Anda menggunakan Android versi terbaru, biasanya akan diminta untuk melakukan verifikasi wajah, atau sensor biometrik.

Setelah melakukan verifikasi, Anda dapat memasukkan email akun Google Anda atau Gmail, kemudian klik menu selanjutnya atau "Next".

Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau password akun Gmail yang baru Anda masukkan, kemudian klik menu "Next".

Akan muncul jendela baru berisi persyaratan untuk menggunakan fitur tersebut. Anda dapat memilih menu "I Agree" untuk melanjutkan proses.

Setelah mengisi semua hal yang dibutuhkan untuk menambahkan akun Gmail baru, maka pengguna akan dikembalikan ke pengaturan akun.

Untuk melihat apakah akun berhasil ditambahkan cukup klik Google. Dengan bertambahnya akun Google Anda, otomatis akun Gmail yang terdaftar di aplikasi Google lebih dari satu akun.

Dengan demikian Anda dapat menggunakan 2 akun Gmail di dalam 1 perangkat ponsel Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk membedakan antara data pribadi dan pekerjaan.