Facebook Bayar Selebritas dan Tokoh Berpengaruh untuk Populerkan Live Audio Rooms
JAKARTA - Facebook meluncurkan fitur ruang obrolan audio langsung yang terinspirasi Clubhouse awal tahun ini, Mereka bahkan membayar artis dan orang berpengaruh hingga 50.000 dolar AS untuk mempopulerkannya.
Raksasa media sosial mulai “testing the water, pada bulan April ketika tim Eksperimen Produk Baru meluncurkan aplikasi bernama Hotline untuk memanfaatkan kegilaan sesi audio langsung yang digerakkan oleh Clubhouse.
Namun, percobaan itu gagal membuat gelombang apa pun, mirip dengan aplikasi eksperimental lain dari divisi di masa lalu. Belakangan bulan itu, perusahaan memperkenalkan tidak kurang dari empat fitur sosial audio-sentris di seluruh platform Facebook dan Messenger, salah satunya adalah Ruang Audio Langsung (Live Audio Rooms).
Popularitas Facebook sebagai platform telah berkurang, terutama di kalangan audiens yang lebih muda. Mengambil lembaran dari buku 'program akselerator' dari platform saingan, perusahaan dengan cepat merumuskan rencana untuk membayar pembuat konten, tetapi tidak mengungkapkan dengan tepat berapa banyak.
Sekarang tampaknya Facebook yang kini bernama Meta Platform Inc, berusaha sangat keras untuk menghasilkan daya tarik untuk Live Audio Rooms, dilihat dari ukuran pembayaran yang ingin dibayarkan kepada pembuat konten audio.
Menurut sebuah laporan oleh The Information, Facebook bersedia membayar antara 10.000 dan 50.000 dolar AS per sesi kepada selebritas dan musisi. Dalam beberapa minggu terakhir, perusahaan produksi yang bekerja untuk Facebook atau Meta, telah mencari artis dan tokoh berpengaruh yang dapat menyelenggarakan sesi Live Audio Rooms di platform dengan membayar mereka ratusan ribu dolar untuk beberapa sesi.
Gaji untuk menyelenggarakan sesi obrolan audio langsung bahkan lebih tinggi daripada yang dibayarkan untuk membuat video berdurasi pendek untuk Reels, yang dilaporkan mencapai 10.000 dolar AS untuk influencer berdasarkan popularitas mereka.
Namun, Facebook belum secara terbuka mengungkapkan angka-angka ini, tidak seperti Clubhouse, yang memiliki program akselerator berjalan yang dipahami membayar sekitar 5.000 dolar AS per bulan kepada pembuat konten.
Facebook tidak hanya membayar artis untuk membuat konten untuk platform Live Audio Rooms selama beberapa sesi. Perusahaan dilaporkan ingin membayar hingga 10.000 dolar AS kepada tamu yang muncul di acara ini.
Tentu saja, tamu tampaknya haruslah tokoh berpengaruh atau orang-orang yang memiliki pengaruh di industri musik. Sangat jelas bahwa Facebook menggunakan tumpukan uang tunai yang dimilikinya untuk mendorong percakapan di sekitar ruang Live Audio Rooms.
Baca juga:
Bukan rahasia lagi bahwa Facebook tidak terlalu populer di kalangan remaja yang tertarik pada platform yang lebih 'hip' seperti TikTok, Instagram, dan Snapchat, tetapi itu hanya satu bagian dari masalahnya. Facebook telah merayu banyak pers negatif atas sikapnya yang lemah terhadap penyelesaian ujaran kebencian dan informasi yang salah, dan telah tertinggal jauh di belakang platform saudara Instagram dalam menawarkan fitur yang menarik bagi audiens yang lebih muda.
Facebook pasti memiliki uang untuk menarik talenta terbaik dari musik dan industri lainnya untuk memperluas daya tarik Live Audio Rooms. Namun, sebelum itu bisa terjadi, perusahaan juga perlu menempatkan moderasi konten dan alat pelaporan yang sesuai sehingga ruang obrolan audio langsungnya tidak menjadi jalan lain untuk menyebarkan kebencian, misinformasi, dan wacana yang mengganggu.
Instagram sendiri dilaporkan telah terbukti menjadi pemandangan “neraka yang beracun” bagi remaja, dan mengadopsi sikap sembrono yang serupa terhadap pemantauan percakapan audio secara real-time sepertinya tidak akan berakhir dengan baik.
Ya, Facebook memiliki kekuatan untuk melampaui Clubhouse dengan semua sumber daya dan keahliannya, tetapi melakukannya dengan mengorbankan keamanan platform dapat menjadi bumerang saat memulai pencarian dolar untuk mendominasi pasar.