Amankan Tempat di Babak 16 Besar, Hafiz/Gloria: Kalahnya Praveen/Melati Tak Pengaruhi Kami

JAKARTA - Pasangan ganda campuran Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja berhasil mengamankan tempat ke babak 16 besar Indonesia Masters 2021. Pencapaian itu berbanding terbalik dengan hasil yang diraih rekan sesama ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang justru tersingkir di babak awal.

Berkaca dari kegagalan rekannya itu, Hafiz/Gloria mengaku sangat menyayangkan kekalahan tersebut. Namun demikian, mereka sepakat bahwa peluangnya untuk melaju ke babak berikut semakin terbuka.

"Kekalahan Praveen/Melati tidak memengaruhi kami, karena ini bukan pertandingan tim. Kita fokus untuk pertandingan saja," kata Hafiz Faizal dikutip dari keterangan resmi PBSI, Kamis.

Praveen/Melati gagal melaju ke babak 16 besar usai ditumbangkan wakil India. Kekalahan itu diduga karena kurangnya komunikasi mereka di lapangan.

Melihat komunikasi bisa sangat memengaruhi hasil di lapangan, Hafiz/Gloria justru belajar dari hal itu. Dalam laga di babak 32 besar mereka melakukan komunikasi yang baik hingga berhasil lolos ke babak 16 besar.

“Komunikasi di lapangan sangat perlu. Kami jadi lebih teratur untuk melakukan serangan dan tekanan," ujar Gloria.

Gloria mengatakan bahwa komunikasi yang baik dengan pasangan menjadi kunci kemenangannya kali ini. Komunikasi, menurut Gloria, menjadi aspek penting guna menemukan pola permainan yang diinginkan.

“Kami mencoba bermain konsisten untuk menekan lawan. Sudah padu dengan Hafiz dan bisa melakukan serangan dengan baik," tambahnya.

Tiket melaju ke babak 16 besar itu diraih Hafiz/Gloria setelah bersua dengan pasangan India Reddy Sumeeth/Ashwini Ponnappa. Dalam persaingan ketat di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, Rabu, 17 November itu Hafiz/Gloria menang dalam dua set langsung dengan skor akhir 21-15, 21-16.

Dari kemenangan itu Hafiz/Gloria akan berjumpa wakil Hong Kong, Chang Tak Ching/Ng Wing Yung yang sebelumnya menundukkan perlawanan wakil India, Venkat Gaurav Prasad/Juhi Dewangan.