3 Tips Ampuh untuk Meningkatkan Performa Komputer atau Laptop Berbasis Windows 10

YOGYAKARTA - Windows 10 yang diproduksi oleh Microsoft masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh perangkat komputer atau laptop sampai saat ini.

Meskipun Microsoft sudah merilis produk terbaru, yakni Windows 11, sejumlah pengguna masih setia untuk tetap memakai sistem operasi Windows 10 yang disebut tetap dapat digunakan hingga 2024.

Salah satu sebab Windows 10 masih digunakan saat ini adalah pengguna masih enggan memakai Windows 11 karena masih memiliki sejumlah masalah, seperti melemahkan performa perangkat tertentu.

Alasan lainnya adalah komputer atau laptop yang digunakan tidak mendukung untuk update ke versi Windows 11. Salah satu sebabnya adalah perangkat tersebut sudah terlalu tua sehingga tidak dapat menggunakan sistem operasi versi terbaru.

Salah satu masalah yang dialami oleh perangkat komputer atau laptop lama yang berbasis sistem operasi Windows 10 adalah performanya yang mulai menurun. Hal itu pun membuat pekerjaan Anda menjadi lebih lama selesai.

Namun, pengguna tidak perlu khawatir karena terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa perangkat Anda supaya lebih cepat saat digunakan untuk bekerja.

Hal yang paling mendasar yang dapat dilakukan adalah melakukan perawatan atau maintenance secara berkala perangkat komputer Anda. Selain itu, tim VOI telah merangkum 3 tips yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan performa komputer Anda.

Nonaktif Auto Starting Windows 10

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk meningkatkan performa perangkat Anda yang menggunakan Windows 10 adalah menonaktifkan running otomatis yang menjalankan sejumlah program Windows 10.

Sistem operasi Windows 10 dapat melakukan running otomatis di perangkat tertentu, sehingga dapat mempengaruhi performa komputer atau laptop Anda. Oleh karenanya, pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut untuk meningkatkan performa komputer atau laptop.

Memasang SSD di Komputer atau Laptop

Tips selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah memasang solid state drive (SSD), yang dapat meningkatkan performa perangkat komputer Anda.

SSD sendiri didesain untuk membuat perangkat komputer lebih menghemat penggunaan daya dan memiliki teknologi yang dapat meningkatkan perangkat lunak.

Anda pun dapat dengan mudah membuka lebih dari 2 aplikasi secara bersamaan di dalam perangkat Anda tanpa mempengaruhi kinerja dari komputer atau laptop.

Upgrade Windows 10 ke Versi Terbaru

Tips ampuh untuk meningkatkan performa perangkat komputer yang terakhir adalah memperbarui sistem operasi Windows 10 secara berkala. Pasalnya, pihak Microsoft kerap melakukan pembaruan untuk meningkatkan sistem operasi yang mereka buat.

Anda pun dapat mengecek secara berkala pembaruan yang dilakukan oleh Microsoft di menu "Setting". Jika tersedia pembaruan sistem, Anda dapat mengupgrade Windows 10 Anda ke versi terbaru.

Namun, sebelum melakukan pembaruan, pastikan Anda sudah mencadangkan data-data penting yang Anda miliki. Pasalnya, proses tersebut dapat membuat sejumlah data terhapus atau hilang dari perangkat.

Demikianlah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan performa komputer atau laptop Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10.