Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 300 relawan pemburu COVID-19 dikerahkan Polsek Sawah Besar untuk menjemput warga yang belum ikut vaksinasi. Setelah menjemput, warga akan dibawa ke sentra vaksinasi terdekat yang disediakan.

Kapolsek Sawah Besar, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Maulana Mukarom mengatakan, 300 relawan yang diterjunkan berasal dari PPSU, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan relawan lainnya.

Dibentuknya 300 relawan diharapkan dapat tercapai herd immunity pada 17 Agustus mendatang.

"Dalam teknisnya, relawan pemburu COVID-19 bekerja secara door to door ke rumah warga di Sawah Besar. Kemudian membawa warga yang belum vaksin agar ikut vaksinasi," kata AKP Maulana kepada VOI di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis 5 Agustus.

Seperti diketahui, sentra vaksinasi COVID-19 di Sawah Besar terdapat di Kelurahan Kartini, Karang Anyar, Gunung Sahari, Mangga Dua Selatan dan Pasar Baru. Namun meski sudah ada sentra vaksin yang tersedia, butuh peran serta aktif untuk mensosialisasikan.

"Jadi nanti kita sosialisasikan pentingnya vaksin di tengah pandemi ini," ucapnya.

Nantinya, pemburu vaksin ini akan dibagi beberapa tim untuk mendatangi RW-RW yang memang cakupan vaksinasinya masih rendah. Bahkan nanti rumah-rumah yang sudah di vaksin akan ditempel stiker.

"Kami juga akan tempelkan stiker di rumah-rumah yang keluarganya sudah tervaksin. Sehingga ketika ini dilakukan, warga yang belum tervaksin ini akhirnya mau untuk vaksin. Diharapkan 17 Agustus 2021 masyarakat bisa tercapai herd immunity," tutupnya.

Berdasarkan data dari Kecamatan Sawah Besar, sebanyak 104 ribu warga Sawah Besar sudah tervaksinasi COVID-19. Sementara 15 ribu warga lainnya belum mengikuti vaksinasi karena ada penderita penyakit komorbid dan penyintas.