Batal ke Amerika, Sandiaga Uno ‘Delegasikan’ Tugas Negara ke Anaknya di AS, Kok Bisa?
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kiri) bersama anaknya Amyra Atheefa Uno (tengah) dan istri (Foto: Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno direncanakan bertolak ke Amerika Serikat (AS) pada, Selasa, 20 Juli guna menghadiri agenda kenegaraan. Namun, niatan tersebut urung dilaksanakan karena sejumlah pertimbangan.

“Seharusnya besok lusa saya berangkat ke Amerika, melaksanakan tugas untuk menghadiri agenda ‘Spice Up The World’ yang bertujuan untuk mempromosikan kuliner Indonesia, membuka peluang usaha untuk UMKM kuliner kita ke level dunia,” ujarnya dalam laman Instagram @sandiuno dua hari lalu seperti yang dikutip pada Selasa, 20 Juli.

Menurut Sandi, keputusan tersebut diambil lantaran dirinya memikirkan kepentingan yang lebih besar, yakni masyarakat di Indonesia. Terlebih, situasi pandemi saat ini mengharuskan agenda mobilitas dibatasi semaksimal mungkin.

“Namun saya memutuskan untuk tidak berangkat, mengingat saat ini di dalam negeri masih dalam situasi pandemi dan PPKM, di mana banyak masyarakat yang membutuhkan sentuhan langsung berupa dukungan dan bantuan,” tutur dia.

Birokrat enerjik yang kerap dijuluki warganet sebagai "Papa Online" ini lantas meminta bantuan relasi dekat yang tengah berada di AS untuk membantu mewakili dirinya dalam menunaikan tugas negara tersebut. Tapi jangan terkejut, bukan diplomat atau atase perdagangan yang ditunjuk dalam misi kali ini melainkan anak kandungnya sendiri.

Dia adalah Amyra Atheefa Uno, anak kedua yang disebutnya baru saja menyelesaikan pendidikan di negeri Paman Sam.

“Oleh karena itu, saya menugaskan anak saya Amyra yang kebetulan baru saja menyelesaikan studinya di sana untuk memandu delegasi Indonesia yang akan berangkat,” tegasnya.

Bukan tanpa alasan, Sandi memilih putrinya. Ia  karena dianggap mempunyai pengetahuan yang cukup terkait karakteristik masyarakat AS karena telah bertahun-tahun tinggal di negara itu. Hal ini tentu saja dapat membawa keuntungan tersendiri serta mempermudah pelaku usaha RI dalam memasarkan produk mereka.

“Saya ingin Amyra ikut serta membantu team @kemenparekraf.ri untuk mengoptimalkan even ini, mempromosikan potensi ekonomi kreatif serta pariwisata Indonesia,” kata Sandi.

Malahan, mantan Wagub DKI Jakarta itu turut pula ‘mendelegasikan’ tugas negara ini kepada seluruh WNI di yang tinggal di AS.

“Saya juga berharap seluruh warga negara Indonesia yang ada di Amerika ikut serta dalam even ini, membantu memperkenalkan potensi yang Bangsa Indonesia miliki,” tutup Menparekraf Sandiaga Uno.