Wagub DKI Sebut Pendonor Plasma Konvalesen COVID-19 di Jakarta Capai 1.500
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Donor Plasma Konvalesen (Foto: Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut saat ini telah ada 1.500 donor plasma konvalesen yang telah dikumpulkan di Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.


Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien yang terdiagnosis COVID-19 dan sudah 14 hari dinyatakan sembuh dari infeksi COVID-19 yang dibuktikan dengan uji usap RT-PCR sebanyak satu kali dengan hasil negatif.


"Sejauh ini, sebanyak 1.500 orang sudah mengikuti donor plasma konvalesen di PMI DKI Jakarta," kata Riza di Kantor PMI DKI Jakarta, Selasa, 2 Februari. 


Selain donor plasma konvalesen, Riza juga mengimbau agar masyarakat yang sehat dapat mengikuti kegiatan donor darah. Sebab, jumlah orang yang mendonorkan darahnya sejak pandemi turun drastis menjadi sekitar 200 orang.

"Para warga juga kami minta untuk mengikuti donor darah. Karena menurut data, sehari idealnya 1.000 bahkan 1.500 donor darah. Untuk donor plasma konvalesen, mudah-mudahan ini bisa membantu pasien COVID-19 yang membutuhkan plasma," ucap dia.

Dalam kesempatan ini, Riza juga menyertakan diri untuk menyumbang plasma konvalesen. Sebab, Riza merupakan salah satu orang yang pernah terpapar virus corona dan telah sembuh.


Rangkain yang diikuti Wagub Ariza adalah pemantauan, pengambilan darah, dan penjadwalan donor plasma konvalesen. "Beberapa hari ke depan akan melakukan donor plasma," ungkap dia.


Riza berharap, ke depannya semakin banyak penyintas COVID-19 yang berkenan dan berpartisipasi mendonorkan plasma konvalesen.