Cara Kerja USG: Mengandalkan Gelombang Suara
Ilustrasi (Raga Granada/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ultrasonografi atau yang dikenal dengan USG adalah alat untuk mengecek organ-organ yang ada di dalam tubuh. Bagi ibu hamil, alat ini tentu saja tidak asing karena salah satu fungsi USG adalah untuk mengecek kehamilan. Pada praktiknya, USG juga digunakan untuk mendeteksi organ-organ yang ada di bagian kepala, bahkan alat kelamin pria. Satu hal yang perlu kita tahu adalah cara kerja USG mengandalkan gelombang suara.

Ultrasonografi atau USG merupakan alat diagnosis yang menggunakan gelombang suara berfrekuensi di atas 20.000 Hertz untuk menghasilkan gambaran struktur organ di dalam tubuh. Gelombang suara tersebut membutuhkan sebuah alat yang disebut transducer atau probe. Alat itulah yang mengirimkan gelombang suara dan menerima gelombang pantulan.

Sejarah USG pertama kali diawali dari penemuan gelombang ultrasonik sekitar tahun 1920-an. Namun, baru pada awal tahun 1940-an, gelombang ultrasonik dianggap memungkinkan untuk digunakan sebagai alat diagnosis. Hingga saat ini, USG masih digunakan di dunia kedokteran.

Ada banyak manfaat USG, salah satunya untuk mendeteksi kantong janin sehingga bisa mengetahui adakah jabang bayi di dalamnya. Selain itu, manfaat USG juga bisa digunakan sebagai pendeteksi adanya kelainan.

Lantas bagaimana cara kerja USG dengan mengandalkan gelombang suara? Simak video Cara kerja terbaru dari VOI, "Cara Kerja USG: Mengandalkan Gelombang Suara".