YOGYAKARTA – Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tengah tengah hangat diperbincangkan.

Pasalnya, di kecamatan tersebut Presiden Jokowi akan menghabiskan masa pensiunnya setelah tak lagi menjabat sebagai kepala negara. Bahkan, saat ini rumah pensiun Jokowi di Karanganyar sudah mulai dibangun. Dampak keberadaan rumah Jokowi di wilayah tersebut membuat masyarakat ingin mengenal Colomadu Karanganyar.

Mengenal Colomadu di Karanganyar

Kecamatan Colomadu adalah salah satu kecamatan yang dimiliki oleh Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Karanganyar sendiri memiliki 17 kecamatan. Yang unik dari Kecamatan Colomadu adalah letaknya yang justru terpisah dari Karanganyar.

Di masa penjajahan Belanda, Colomadu merupakan nama pabrik gula Tjolomadoe yang dibangun pada tahun 1861. Pabrik tersebut merupakan peninggalan dari Sri Paduka Mangkunegara IV (MN IV). Di era Mangkunegara IV, Tjolomadoe cukup berjaya dan sukses menyumbang keuntungan.

Sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Kecamatan Colomadu awalnya bernama Malangjiwan. Namun setelah Indonesia merdeka, Mangkunegaran memutuskan untuk menyerahkan wilayahnya kepada Pemerintah.Malangjiwan kemudian berubah menjadi Colomadu yang penamaannya diambil dari nama pabrik gula yang ada di lokasi tersebut.

Secara geografis, Kecamatan Colomadu memiliki luas wilayah 1.564,4 Ha. Uniknya, kecamatan tersebut terpisah dengan kecamatan lain yang dimiliki Karanganyar. Bahkan kecamatan itu dikepung oleh wilayah lain yaitu Kota Solo, Sukoharjo, dan Boyolali. Kondisi tersebut menyebabkan Kecamatan Colomadu disebut dengan wilayah eksklave.

Perlu diketahui, eksklave adalah fenomena di mana suatu wilayah justru terpisah dari induk administrasinya karena terpisah atau dikelilingi oleh wilayah administrasi lain.

Dilansir dari Kabupaten Karanganyar dalam Angka 2020, Kecamatan Colomadu sendiri terpisah dengan kabupaten Karanganyar sejauh lebih dari 20 km. Colomadu justru punya akses geografis lebih dekat ke Kota Surakarta dibanding akses ke wilayah induknya.

Meski Colomadu terpisah jauh dari induk administrasinya, kecamatan ini dinilai memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya industri dan perumahan yang dibangun di wilayah tersebut. Selain itu akses menuju fasilitas umum seperti bandara juga dekat sehingga kecamatan ini cukup ramai dikunjungi.

Rumah Jokowi di Colomadu

Seperti diketahui, negara memberi hadiah kepada Presiden Joko Widodo atas pengabdian yang ia lakukan berupa rumah pensiun. Rumah yang dibangun dengan luas 12 ribu meter persegi itu ada di Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Pemberian hadiah tersebut dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 bahwa tiap presiden dan wakil presiden yang berhasil menuntaskan tugas mendapat hak untuk diberi rumah oleh negara.

Pemilihan Colomadu sebagai rumah tinggal memang dipilih sendiri oleh Presiden Jokowi.

Sedangkan tanah yang diberikan beralamat di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu.

Wilayah tersebut memang dikenal sebagai area industri sehingga memiliki harga tanah yang mahal.

Selain mengenal Colomadu Karanganyar, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.


The English, Chinese, Japanese, Arabic, and French versions are automatically generated by the AI. So there may still be inaccuracies in translating, please always see Indonesian as our main language. (system supported by DigitalSiber.id)