Tesla Buka Pabrik di Jerman, Namun Diprotes dari Penduduk Setempat dengan Tuduhan Masalah Lingkungan
Elon Musk menggelar konser musik Giga Berlin untuk menandai pembukaan pabrik Tesla. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Mobil pertama yang lahir dari pabrik baru Tesla di Berlin akan diluncurkan pada awal bulan depan. Ini ditegaskan oleh CEO Tesla, Elon Musk, seperti dikutip Reuters, di lokasi pabrik tersebut pada Sabtu, 9 Oktober. Akan tetapi menambahkan bahwa volume produksi akan memakan waktu lebih lama untuk bisa dicapai.

Musk berharap mendapatkan lampu hijau dalam beberapa minggu mendatang untuk memulai produksi di lokasi tersebut. Konsultasi terakhir tentang keprihatinan publik terhadap situs tersebut ditutup pada 14 Oktober, setelah itu Kementerian Lingkungan Hidup akan membuat keputusan.

"Memulai produksi itu bagus, tetapi mencapai volume produksi tertentu adalah bagian yang sulit," kata Musk kepada hadirin yang bersorak-sorai di sebuah festival Giga Berlin di lokasi pabrik. Bahkan banyak di antaranya menyiarkan langsung pidato tersebut di media sosial. "Ini akan memakan waktu lebih lama untuk mencapai volume produksi daripada yang dibutuhkan untuk membangun pabrik."

Dia mengatakan volume produksi akan berjumlah 5.000 atau "semoga 10.000" kendaraan per hari, dan sel baterai akan dibuat di sana dalam volume tertentu pada akhir tahun depan. Dia juga membela pabrik tersebut dari kritik terhadap dampak lingkungannya, dengan mengatakan bahwa pabrik itu menggunakan air yang "relatif sedikit" dan bahwa produksi sel baterai "berkelanjutan".

Beberapa penduduk lokal dan kelompok lingkungan tidak senang dengan pendekatan Musk, yang menurut mereka bertentangan dengan budaya bisnis Jerman.

"Saya akan mengatakan kepadanya untuk berhenti membuat mobil listrik, tetapi lebih baik terbang ke Mars," kata Manu Hoyer, yang memimpin protes kecil dari penduduk setempat yang menentang proyek tersebut dengan alasan lingkungan. Ia juga mengatakan pabrik itu akan mencemari air minum.

Menteri ekonomi Brandenburg telah menempatkan peluang pabrik mendapatkan persetujuan untuk beroperasi pada 95%.

Tesla telah mengajukan rencana untuk menginvestasikan 5 miliar euro (Rp82 triliun) di pabrik baterai dengan kapasitas 50 GWh di sebelah situs, melampaui situs berkapasitas 40GWh yang direncanakan Volkswagen di Salzgitter.

Musk mengatakan Tesla khawatir merekrut staf yang cukup akan menjadi masalah, dan meminta orang untuk melamar dari "seluruh Eropa". Dia berharap pabrik baterai tersebut bisa mencapai volume produksi pada akhir tahun depan.

Perusahaan menawarkan 9.000 tiket ke festival, dengan penduduk negara bagian Brandenburg diprioritaskan. Fans bersorak dan tertawa ketika Musk naik ke panggung saat matahari terbenam, menyambutnya seperti bintang pop.

"Hari ini unik," kata penggemar Tesla, Fred Schroeder. "Pabrik Tesla di Jerman akan dibuka untuk umum untuk pertama kalinya. Itu adalah hari yang sangat istimewa."

Yang lain mengendarai Tesla-nya dari Milton Keynes di Inggris, meskipun tidak memiliki tiket. Dia mengatakan itu layak hanya untuk melihat situs dari luar.