Bank of America: Bitcoin Memang Penting tapi Ekosistem Aset Digital Jauh Lebih Penting
Bank of America tertarik pada aset digital (Bloomberg)

Bagikan:

JAKARTA –Bank of America mulai melakukan penelitian terhadap aset digital seperti mata uang kripto. Mereka mengumumkan judul laporan penelitian tersebut yang yakni “Digital Assets Primer: Only the first inning”.

“Laporan mengungkapkan bahwa aset digital terlalu besar untuk diabaikan,” tulis dalam laporan tersebut. Selain itu, hasil riset tersebut juga mengungkapkan bahwa “Primer menyediakan kerangka kerja investasi untuk lanskap aset digital,” sebagaimana dikutip dari Bitcoin.com News.

Sejumlah topik utamanya termasuk smart contract, stablecoin, mata uang digital bank sentral (CBDC), dan non-fungible token (NFT). Tim riset dari Bank of America tersebut dibentuk pada bulan Juli lalu. Penelitian dipimpin oleh Alkesh Shah, ketua Global Cryptocurrency and Digital Asset Strategy Bank.

“Bitcoin penting tetapi ekosistem aset digital jauh lebih penting. Penelitian kami bertujuan untuk mengeksplorasi implikasi di seluruh industri termasuk keuangan, teknologi, rantai pasokan, media sosial, dan game,” kata Shah.

Selain itu, ketua Bank of America Global Research, Candace Browning juga mengutarakan pendapatnya. Dia memaparkan bahwa aset digital telah mengubah cara beroperasi pasar, bisnis, dan bank.

“Aset digital mengubah cara pasar, bisnis, dan bank sentral beroperasi. Bank of America menawarkan platform pembayaran global terkemuka di pasar dan keahlian blockchain, dan penambahan penlitian aset digital semakin memperkuat kedalaman dan luasnya penawaran kami untuk investor,” kata Browning.

Browning mengungkapkan alasan diluncurkannya hasil penelitian aset digital tersebut karena naiknya minat institusional dan ritel terhadap cryptocurrency. Hal tersebut disampaikan oleh Browning dalam wawancara dengan Bloomberg TV.

“Jika Anda melihat jumlah perusahaan yang menyebutkan kripto dalam earning call perusahaan, itu berubah dari sekitar 17 tahun lalu menjadi sekitar 147 pada kuartal terbaru,” katanya.

“Ini (kripto) berkembang, ini mainstream, dan ini bukan hanya bitcoin ... ini adalah aset digital dan menciptakan ekosistem perusahaan baru, peluang baru, dan aplikasi baru,” tambah Browning.