Fitur Baru iOS 15 Mudahkan Pasien Berbagi Data Kesehatan pada Dokter
Pengguna iPhone akan memiliki opsi untuk berbagi data dari aplikasi Health. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA - Sistem operasi iOS 15 baru saja diluncurkan untuk sejumlah produk Apple. Tentunya dengan membawa perubahan besar, khususnya untuk masalah kesehatan pengguna.

Beberapa pengguna iPhone akan memiliki opsi untuk berbagi data dari aplikasi Health secara langsung dengan dokter mereka, melalui catatan medis elektronik miliknya. Sebanyak enam perusahaan rekam kesehatan telah berpartisipasi, dan beberapa dari perusahaan tersebut mengatakan bahwa dokter dan praktik medis di sistem mereka sangat ingin mulai menggunakan fitur tersebut.

Dirangkum dari The Verge, Selasa, 21 September, pengguna dapat menggunakan fungsi berbagi data kesehatan baru di aplikasi Health agar dokter dapat melihat data seperti detak jantung dan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga. Kemampuan baru ini tentu saja bisa membantu dokter mengawasi lebih dekat metrik yang mungkin relevan dengan kesehatan pasien, tanpa harus berkunjung ke rumah sakit.

Salah satu perusahaan catatan kesehatan elektronik adalah Cerner, yang menguasai sekitar seperempat pasar rekaman medis. Saat ini, setiap organisasi perawatan kesehatan yang menggunakan catatan Cerner harus menerapkan fitur baru tersebut.

Sam Lambson, wakil presiden interoperabilitas di perusahaan mengatakan, mereka tertarik dengan fitur itu, "setelah organisasi klien kami melihat demo dan memahaminya, sebagian besar pertanyaannya seputar seberapa cepat mereka dapat mengimplementasikannya,” ungkap Lambson.

Selain Cerner adapula Allscripts yang pasiennya telah menjajal fitur baru tersebut, mengatakan, "Mereka dapat menggunakannya dengan beberapa pasien tertentu. Mereka memiliki semua teknologi, dan ketika tersedia untuk pasien, mereka dapat mulai mempromosikannya ke populasi pasien mereka,” ujar manajer umum dan wakil presiden Allscripts, Tina Joros.

Joros menyatakan, salah satu kelompok uji coba sangat senang dengan kemampuan baru untuk melihat data pasien dari monitor tekanan darah di rumah. Para dokter di praktik medis itu biasanya merekomendasikan manset tekanan darah merek tertentu kepada pasien yang ingin mereka pantau di antara kunjungan. Manset itu sudah disinkronkan dengan aplikasi Health.

Jadi jika pasien bersedia membagikan data, dokter dapat langsung melacak pembacaan tekanan darah tersebut daripada pasien harus membagikannya secara manual. “Ini benar-benar membantu data menjadi lingkaran penuh,” kata Joros.

Allscripts mengatakan pihaknya berencana untuk mengumpulkan data tentang berapa banyak pasien yang akhirnya membagikan informasi dari aplikasi Health mereka ke dalam catatan kesehatan.

Perusahaan akan dapat melihat dengan tepat berapa banyak pasien yang menggunakan fitur tersebut. Joros mengharapkan penggunaannya meningkat secara bertahap dengan cara yang sama seperti program catatan kesehatan Apple lainnya, yang diluncurkan pada 2018 dan memungkinkan pasien menarik data dari catatan kesehatan mereka ke iPhone mereka.