Penutupan Perdagangan, Bitcoin cs Masih Merah
Ilustrasi uang digital atau bitcoin (Image by MichaelWuensch from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Terjadi tren penurunan harga Bitcoin ke level terendahnya pada marketplace hari ini. Nilai tukar rupiah terhadap Bitcoin pun anjlok dengan kisaran minus (-)0,59 persen per coin.

Menurut laporan Coindesk, pukul 16.25 WIB, nilai tukar Bitcoin (BTC) terkoreksi cukup rendah dengan volume perdagangan sekitar 4,4 persen sejak bulan Juni. Padahal di bulan yang sama, harga Bitcoin terkorelasi cukup rendah pada titik terendahnya di bawah 1 persen atau -0,49 persen.

Sayangnya harga Bitcoin terhadap rupiah terpantau stagnan dan cenderung melemah. Meski sempat mencatatkan kenaikan pada perdagangan kemarin, nilai tukar Bitcoin berada di angka Rp132 juta per koin dalam 24 jam terakhir. 

Indeks penurunan mata uang digital (coindesk)

Penurunan volume perdagangan cryptocurrency juga dialami, Ethereum (ETH), Litecoin (LTC) dan mayoritas mata uang digital lainnya. Angka penurunan terjadi dari -2,24 persen hingga tertinggi -7,7 persen dalam 24 jam terakhir.

Menurut laporan pasar, pembalikan Bitcoin terjadi dalam korelasi emas dan penguatan saham di Wall Street. Di mana sejak penutupan perdagangan kemarin, Kamis 9 Juli, harga emas berada di level 1.808,47 dolar AS per troy ons. 

Nilai tukar rupiah di marketplace juga ditutup melemah pada perdagangan akhir pekan ini. Rupiah Jumat 10 Juli ditutup melemah 0,28 persen atau 40 poin ke level Rp14.435 per dolar Amerika Serikat (AS).