Ukraina Bersiap untuk Melegalkan Bitcoin pada 2023, Simak Penjelasannya
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, bersama para pendukungnya dari kalangan muda. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Delegasi dari pemerintahan Presiden Volodymyr Zelensky telah bertemu dengan rekan-rekan mereka di El Salvador sebelum membuat rencana untuk menempatkan adopsi cryptocurrency di puncak agenda keuangan raksasa Eropa Timur.

Zelensky, yang juga dikenal seorang evangelist Bitcoin yang vokal, telah menginstruksikan para menteri untuk mengubah Ukraina menjadi negara yang ramah kripto.

Pekan lalu, politisi berusia 43 tahun itu berada di California dalam misi pencarian fakta saat ia mengunjungi Lembah Silikon serta menjelajahi peluang di mana Ukraina dapat dengan cepat menavigasi dirinya untuk memposisikan aset digital di samping mata uang tradisionalnya.

Rencananya, kata Profesor Vyacheslav Evgenyev, adalah agar Ukraina membuat tender legal Bitcoin pada awal tahun 2023 dan menciptakan “negara mata uang ganda” di mana Bitcoin berada di samping fiat hryvnia sebelum berpotensi menjadi struktur keuangan yang dominan.

"Ukraina secara alami cocok untuk rencana semacam itu," kata pakar keuangan Rusia itu. “Rakyat Ukraina tidak hanya siap untuk revolusi keuangan, mereka juga terbiasa dan mengharapkannya.”

Hryvnia, sejak 25 tahun yang lalu telah menggantikan karbovanet dalam perombakan keuangan rahasia yang masih tidak cocok dengan Ukraina hingga hari ini.

“Anda perlu melihat dinamika Ukraina untuk memahami bagaimana dan mengapa rencana pemerintahnya untuk merestrukturisasi menuju ekonomi digital sebenarnya bisa menjadi langkah jenius yang nyata,” ungkap Prof Evgenyev.

“Ini memiliki populasi muda yang ingin keluar dari bayang-bayang tetangganya yang berisik (Rusia) dan melepaskan rantai keuangan yang telah menahannya selama bertahun-tahun,” tambahnya.

“Pengaruh Rusia yang sombong dalam kekhawatiran Ukraina dapat terbukti menjadi bahan bakar yang dibutuhkan untuk mesin kesuksesan,” ujar Prof Evgenyev,

Bitcoin, dia percaya, mungkin menjadi ramuan ajaib yang dibutuhkan untuk membangunkan raksasa yang sedang tidur. "Prospek di sini sangat besar," tambah profesor itu.

“Ini memiliki salah satu campuran energi paling beragam di dunia, dan memiliki penyeimbang karbon yang patut ditiru yang dapat menarik ribuan penambang,” ungkapnya.

“Tambahkan juga seorang presiden yang berasal dari bengkel yang sama dengan Bukele, populasi muda, dan keinginan besar untuk perubahan dan, yah, Anda memiliki formula yang bisa dengan mudah menjadi sangat sukses, sangat cepat,” tutur Prof Evgenyev.

Memang, Presiden El Salvador yang berpikiran maju, Nayib Bukele, mungkin telah memiliki pengaruh yang mendesak pada keinginan Zelensky untuk mengimplementasikan ambisi Bitcoin-nya.

“Mereka terus berdiskusi dan berbagi ide, rencana, serta pemikiran tentang posisi keuangan masa depan negara mereka,” kata Evgenyev.

Pada saat yang sama ketika Zelensky berada di Amerika minggu lalu, sebuah partai menteri dari otak keuangan terbesar Ukraina berada di El Salvador melihat sangat jauh ke dalam struktur keuangan mereka untuk digunakan sebagai titik awal untuk cetak biru Ukraina.

“Proyek ini akan memakan waktu kurang dari dua tahun untuk diselesaikan, dengan atau tanpa dukungan otoritas keuangan internasional, dan akan membuat Bitcoin menjadi mata uang dominan di Ukraina,” ungkap Prof Evgenyev.

Presiden Zelensky secara resmi mengumumkan kedatangan Ukraina ke panggung dunia crypto di San Francisco minggu lalu. Ia bertemu dengan beberapa investor terkemuka dan pemberi pengaruh keuangan digital di kawasan itu, dan menjelaskan bahwa pemerintah Ukraina fokus pada pembentukan negara digital.

“Pertemuan kami di sini, di Silicon Valley, adalah kesempatan besar untuk membahas prospek pengembangan sektor TI dan inovasi di Ukraina,” kata Zelensky.

“Negara kita dengan cepat mengubah dan mengadopsi inovasi. Selama setahun terakhir, kami telah berhasil membuat terobosan nyata di bidang digital. Pada saat yang sama, kami masih perlu melakukan banyak hal,” ujar Zelensky.

Bertemu dengan delegasi dari Stellar Development Network, Zelensky mengisyaratkan bahwa pekerjaan sedang berlangsung untuk membangun kerangka hukum yang akan membuka jalan menuju adopsi Bitcoin.

“Ukraina sekarang menjadi magnet terbaik dengan spesialis blockchain dan crypto di Eropa,” ujar Zelensky. “Salah satu vektor perkembangan ekonomi digital Ukraina adalah peluncuran dan pengembangan pasar inovatif legal dari aset virtual.”

Pekan lalu, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan Bitcoin. Setiap warga negara yang mendaftar ke program tersebut menerima Bitcoin senilai 30 dolar AS yang telah dimuat sebelumnya ke dalam e-wallet yang disetujui pemerintah.