Lembaga Keuangan dan Pos di Selandia Baru Terkena Serangan DDoS, Lumpuh Sementara Waktu
Kiwibank, sempat mengalami serangan DDoS yang melumpuhkan layanannya.

Bagikan:

JAKARTA - Situs web sejumlah lembaga keuangan di Selandia Baru dan layanan pos nasionalnya sempat tidak aktif pada Rabu, 8 September. Sementara para pejabatnya mengatakan mereka tengah memerangi serangan dunia maya.

Tim Tanggap Darurat Komputer (CERT) negara itu mengatakan telah mengetahui serangan DDoS (distributed denial of service) yang menargetkan sejumlah organisasi di negara tersebut.

Itu "memantau situasi dan bekerja dengan pihak-pihak yang terkena dampak di mana kami bisa," kata CERT di situsnya.

Beberapa situs web yang terkena dampak serangan menurut laporan media lokal termasuk situs Selandia Baru Australia and New Zealand Banking Group  dan NZ Post.

Dalam posting Facebook, ANZ memberi tahu pelanggan bahwa mereka mengetahui beberapa dari mereka tidak dapat mengakses layanan perbankan online. "Tim teknologi kami sedang bekerja keras untuk memperbaikinya, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tulis postingan tersebut. Perwakilan ANZ tidak segera membalas permintaan komentar dari Reuters.

NZ Post mengatakan "gangguan intermiten" di situs webnya disebabkan oleh masalah di salah satu pemasok pihak ketiganya.

Beberapa pelanggan menggunakan media sosial untuk melaporkan pemadaman di Kiwibank, pemberi pinjaman kecil yang sebagian dimiliki oleh NZ Post. Kiwibank meminta maaf kepada pelanggan dalam posting Twitter dan mengatakan sedang bekerja untuk memperbaiki "akses terputus-putus" ke layanan di aplikasi, internet banking, phone banking dan situs webnya.

Dalam serangan DDoS, server institusi profil tinggi dipadati oleh lalu lintas masuk dari permintaan berlebihan yang mencoba membebani sistem dan menenggelamkan permintaan yang sah.

Pada bulan Januari, serangan dunia maya juga menyebabkan pelanggaran data serius di bank sentral Selandia Baru, yang mengikuti beberapa serangan terhadap operator bursa saham Selandia Baru setahun yang lalu. Sekelompok peretas juga menargetkan rumah sakit pada Mei lalu.