Menjelang Peluncuran, OPPO Bagikan <i>Wallpaper </i> Resmi ColorOS 12
ColorOS 12 dikatakan sebagai iterasi terbaik dari perangkat lunak OPPO hingga saat ini. (foto : XDA Developers)

Bagikan:

JAKARTA - OPPO telah mengonfirmasi akan segera meluncurkan ColorOS 12 pada akhir September. Sebelum itu, perusahaan membagikan wallpaper resmi dari sistem operasi selulernya yang berbasis Android 12 itu.

ColorOS 12 dikatakan sebagai iterasi terbaik dari perangkat lunak OPPO hingga saat ini. Sayangnya, perusahaan belum secara resmi mengungkapkan fitur-fiturnya. Namun, beberapa detail tentang sistem operasi teranyar itu berhasil terungkap dari bocoran yang beredar.

Mengutip Gizmochina, Rabu, 8 September, sebanyak sembilan wallpaper yang diposting akun Weibo resmi ColorOS mengisyaratkan beberapa bahasa desain yang disarankan oleh Digital Chat Station. Sesuai keterangan rahasia, versi baru ColorOS terinspirasi oleh MIUI, Flyme, dan HydrogenOS. Sekilas wallpaper ini memang mirip dengan yang ditemukan di skin Android tersebut.

Salah satu sorotan utama ColorOS 12 adalah Cross Screen Interconnection. Fitur ini tidak lain adalah Huawei Multi Screen Collaboration versi OPPO. Versi awal dari fungsi itu sudah tersedia di perangkat realme tertentu yang disebut PC Connect.

Postingan Weibo itu juga mengonfirmasi bahwa OPPO akan merilis ColorOS 12 pada pertengahan hingga akhir September. Ini sejalan dengan bocoran sebelumnya.  OPPO adalah salah satu OEM Android pertama yang merilis Android 11 beta tahun lalu, dan tidak sedikit yang berharap perusahaan bisa tetap berpegang pada tradisi itu tahun ini juga.

OPPO sebelumnya telah mengumumkan skin yang diperbarui akan memperluas opsi personalisasi yang tersedia di Android 12. Perusahaan juga telah mengonfirmasi bahwa ColorOS 12 bakal memberi pengguna lebih banyak kontrol privasi dan menawarkan transparansi lebih baik dalam hal keamanan data.