Apple Mudahkan Pelancong untuk Identifikasi KTP dan SIM dengan Dompet Digital
Pengguna untuk menunjukkan KTP negara bagian dan SIM digital mereka di iPhone atau Apple Watch. (foto: apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple hari ini mengumumkan bahwa perusahaan sedang bekerja sama dengan beberapa negara, untuk menambahkan KTP negara bagian dan SIM digital pengguna pada Apple Wallet yang berada di iPhone dan Apple Watch mereka.

Arizona dan Georgia akan menjadi negara bagian pertama yang memperkenalkan inovasi baru ini kepada penduduknya, diikuti oleh Connecticut, Iowa, Kentucky, Maryland, Oklahoma, dan Utah. Administrasi Keamanan Transportasi (TSA) akan mengaktifkan pos pemeriksaan dan jalur keamanan di bandara tertentu yang berpartisipasi.

Menurut Apple dalam keterangan resminya, Kamis, 2 September, Wallet menyediakan cara yang lebih aman dan nyaman bagi pengguna untuk menunjukkan KTP negara bagian dan SIM digital mereka di iPhone atau Apple Watch.

Perusahaan juga mengatakan telah melengkapi dengan standar ISO 18013-5 mDL, di mana Apple telah menetapkan pedoman yang jelas bagi industri seputar perlindungan privasi konsumen saat menunjukkan KTP atau SIM melalui sebuah perangkat seluler.

“Penambahan KTP negara bagian dan SIM ke Apple Wallet merupakan langkah penting dalam visi kami untuk mengganti dompet fisik dengan dompet seluler yang aman dan mudah digunakan,” ungkap wakil presiden Apple untuk Apple Pay dan Apple Wallet, Jennifer Bailey.

Dikatakan Administrator TSA, David Pekoske, inisiatif KTP negara bagian dan SIM digital yang baru ini akan memungkinkan pengalaman pemeriksaan keamanan bandara yang lebih lancar bagi para pelancong.

"Inisiatif ini menandai tonggak utama oleh TSA untuk memberikan tingkat kenyamanan tambahan bagi para pelancong dengan memungkinkan lebih banyak peluang untuk pemeriksaan keamanan bandara TSA tanpa sentuhan," ujar Pekoske.

Setelah negara bagian yang berpartisipasi mulai menawarkan kemampuan ini kepada penduduknya, pengguna akan dapat menambahkan KTP negara bagian dan SIM digital ke Wallet hanya dengan mengetuk iPhone atau Apple Watch mereka untuk menunjukkannya ke TSA, tanpa mengeluarkan kartu fisik atau menyerahkannya perangkat mereka.

Berikut cara menambahkan KTP negara bagian dan SIM digital ke Apple Wallet:

- Ketuk tombol + di bagian atas layar di Wallet di iPhone Anda untuk mulai menambahkan lisensi atau KTP.

- Jika pengguna memasangkan Apple Watch ke iPhone, mereka juga akan diminta untuk menambahkan KTP atau SIM ke aplikasi Wallet di Apple Watch.

- Pengguna kemudian akan diminta untuk menggunakan iPhone mereka untuk memindai SIM fisik atau kartu identitas negara mereka dan mengambil swafoto, yang akan diberikan dengan aman ke negara bagian untuk verifikasi.

- Sebagai langkah keamanan tambahan, pengguna juga akan diminta untuk menyelesaikan serangkaian gerakan wajah dan kepala selama proses penyiapan. Setelah diverifikasi oleh negara penerbit, KTP atau SIM akan ditambahkan ke Wallet.