Teknologi AI SoapBox, Membuat Suara Anak Seperti Didengar Teknologi
Berkat SoapBox, suara anak bakal lebih didengar oleh teknologi komputer. (foto: Thomas Park/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda menyebut "teknologi suara", kebanyakan orang berpikir tentang Alexa dari Amazon, Siri dari Apple atau Cortana dari Microsoft. Sementara asisten kecerdasan buatan pribadi (AI) menjadi semakin terintegrasi dalam kehidupan kita sehari-hari, mereka hanyalah satu penggunaan teknologi suara  dan kebanyakan dirancang untuk orang dewasa.

Startup teknologi Irlandia, SoapBox Labs, ingin mengubah hal itu. Perusahaan yang berbasis di Dublin ini telah mengembangkan teknologi pengenalan suara yang dirancang khusus untuk anak-anak. Teknologi ini sudah digunakan di berbagai aplikasi, mulai dari mainan hingga aplikasi pendidikan.

“Suara anak-anak berbeda dengan suara orang dewasa,” ujar Patricia Scanlon, pendiri dan ketua SoapBox. “Biasanya, mereka memiliki nada yang lebih tinggi atau menggunakan bahasa atau pola bicara yang berbeda, yang tidak selalu dapat ditangkap oleh teknologi suara biasa.”

Dapat dimengerti bahwa "sebuah industri yang telah menghabiskan puluhan tahun mengerjakan teknologi dan hanya berfokus pada orang dewasa. “Mereka mengalami masalah yang cukup signifikan ketika mereka mencoba menerapkannya pada anak-anak," kata Scanlon kepada CNN Business.

Alih-alih mengutak-atik teknologi suara yang sudah ada di pasaran, SoapBox membangun mesin suaranya dari awal. Mesin ini  fokus pada anak-anak berusia dua hingga 12 tahun. Suara dikumpulkan dari pidato di lingkungan bising dunia nyata, dapur, ruang kelas, dan mobil, dari anak-anak dari segala usia, aksen dan dialek, yang berasal dari total 192 negara.

"Sistem seperti kami sangat dipesan lebih dahulu dan fokus untuk mendapatkan akurasi tinggi dan respons yang sesuai dengan usia untuk anak-anak," kata Scanlon.

Mendidik atau Bermain

Ini membuka pasar yang sama sekali baru, yang permintaannya terus meningkat. Lebih dari 8 miliar asisten suara digital diperkirakan akan digunakan pada tahun 2024. Jumlah ini, naik dari 4 miliar pada tahun 2020, dan ada peningkatan fokus pada adaptasi teknologi untuk anak-anak. Pada tahun 2020, Amazon meluncurkan generasi berikutnya dari Echo Dot Kids Edition, perangkat Alexa yang berfokus pada anak-anak.

SoapBox, yang menjual teknologi daripada produk konsumen, telah mengumpulkan lebih dari 12 juta dolar AS dalam pendanaan sejak didirikan pada tahun 2013. Mereka telah menarik lebih dari 50 klien dari seluruh dunia. Perusahaan mengatakan itu jatuh ke dalam dua kategori: "mendidik" dan "bermain."

“Teknologi ini dapat membantu anak belajar membaca atau belajar bahasa,” kata Scanlon. “Mesin ini bertindak sebagai "orang dewasa yang membantu," segera menanggapi anak dan memberi mereka satu-satu waktu, dan juga dapat membantu untuk merekam kemajuan anak dan memberikan umpan balik kepada guru atau orang tua.”

SoapBox telah menjalin kemitraan dengan perusahaan pendidikan online seperti perusahaan Amplify yang berbasis di New York, Pusat Penelitian Membaca Florida dan Lingumi, aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang berbasis di Inggris.

Teknologi ini juga digunakan oleh pengembang mainan dan perusahaan gim yang ingin membuat mainan dengan suara yang dapat mengobrol dengan anak, atau pengalaman virtual atau augmented reality yang imersif.

Lynne Hall, profesor ilmu komputer di University of Sunderland di Inggris, setuju bahwa potensi teknologi suara anak-anak "cukup besar".

“Ini menawarkan saluran pembelajaran tambahan dan akses tanpa akhir ke fakta dan keterampilan," kata Hall, yang membayangkan itu digunakan di kelas untuk memberikan dukungan tambahan untuk mengajar. "Menambahkan pengenalan suara untuk terlibat dengan pengalaman berbasis layar kemungkinan akan menjadi pendekatan yang efektif," katanya.

Scanlon percaya itu juga akan meningkatkan keterlibatan, baik dalam pendidikan atau permainan. "Ketika anak-anak berinteraksi dengan teknologi ini, ada keajaiban yang terjadi dan tingkat keterlibatan yang meningkat," katanya. "Mereka merasa seperti didengar oleh teknologi."

Melindungi Privasi

“Salah satu tantangan utama dengan mengembangkan teknologi suara untuk anak-anak adalah mendapatkan kepercayaan dari orang tua, terutama pada privasi,” kata Andy Robertson, penulis "Taming Gaming," sebuah buku tentang video game untuk orang tua. Tapi dia yakin SoapBox mengambil pendekatan yang tepat.

"Ini mencentang kotak yang tepat untuk orang tua," kata Robertson. "Ini dibuat untuk anak-anak daripada mengambil produk untuk orang dewasa dan kemudian mengubahnya untuk anak-anak. Ini berarti bahwa mereka memiliki peluang untuk memastikan kepatuhan yang baik terhadap peraturan penting (seperti Aturan Perlindungan Privasi Daring Anak-anak di AS atau Data Umum UE). Peraturan Perlindungan untuk anak-anak) untuk berinteraksi dengan anak-anak."

SoapBox mengatakan tidak mengidentifikasi pengguna dalam sistemnya dan data suaranya tidak pernah dibagikan, atau dijual kepada, pihak ketiga. Data itu juga tidak digunakan untuk mendukung aktivitas pemasaran dan periklanan.

"Kami menghormati hak privasi digital anak-anak, yang sangat berbeda dengan orang dewasa," kata Scanlon.