Kehilangan Suara Akibat Kanker, Val Kilmer Kembali Bicara Lewat Teknologi AI
Bintang Hollywood, Val Kilmer , kembali bisa berbicara berkat teknologi AI. (foto: youtube)

Bagikan:

Jakarta - Val Kilmer ingin memperkenalkan Anda kembali pada suaranya. Setelah didiagnosis menderita kanker tenggorokan pada 2014, aktor berusia 61 tahun itu kehilangan kemampuan berbicara dengan baik setelah menjalani trakeotomi.

Kini, setelah setahun bekerja dengan perusahaan teknologi suara AI Sonantic, bintang "Top Gun" ini dapat berkomunikasi menggunakan replika yang dihasilkan oleh komputer.

Perusahaan memposting pesan dari bintang, dengan kata-katanya sendiri, dengan suaranya sendiri:

"Kita semua memiliki kapasitas untuk menjadi kreatif. Kita semua terdorong untuk berbagi mimpi dan ide terdalam kita dengan dunia," ungkap Val dalam klip itu yang terdengar seperti dirinya namun lebih muda.

"Ketika kita memikirkan orang-orang kreatif yang paling berbakat, mereka berbicara kepada kita dengan cara yang unik. Ungkapan yang sering kita dengar adalah 'memiliki suara yang kreatif.'"

"Tapi saya terkena kanker tenggorokan. Setelah dirawat, suara saya seperti yang saya tahu diambil dari saya. Orang-orang di sekitar saya berjuang untuk mengerti ketika saya berbicara,"

"Tapi terlepas dari semua itu aku masih merasa aku orang yang sama persis," lanjutnya. "Masih jiwa kreatif yang sama. Jiwa yang memimpikan ide dan cerita dengan percaya diri, tetapi sekarang saya dapat mengekspresikan diri saya lagi, membawa ide-ide ini kepada Anda, dan menunjukkan kepada Anda bagian dari diri saya ini sekali lagi."

"Bagian yang tidak pernah benar-benar hilang. Hanya bersembunyi."

Dalam sebuah posting blog, salah satu pendiri Sonantic John Flynn mengatakan proyek itu sangat menantang, karena mereka berusaha untuk menduplikasi sesuatu yang sudah tidak ada lagi.

"Saat kami membuat model suara dengan aktor yang mampu menampilkan dialog mereka, kami menyediakan skrip yang ditetapkan. Para aktor merekam penampilan skrip tersebut, lalu kami memasukkan audio yang direkam ke dalam Mesin Suara milik kami, yang melatih model AI. Mesin Suara menyediakan berbagai kemampuan manual dan otomatis untuk memeriksa kualitas model," tulisnya.

"Ketika seorang aktor tidak dapat menampilkan baris dari skrip kami—seperti dalam kasus Val—kami perlu melakukan sedikit lebih banyak pekerjaan manual. Langkah pertama adalah mengumpulkan rekaman audio aktor. Untuk hasil terbaik, kami perlu membersihkan audio, dengan sedikit kebisingan latar belakang, dalam format kualitas tertinggi."

Dia mengatakan timnya harus mengembangkan teknologi baru khusus untuk proyek tersebut, karena Kilmer hanya dapat menyediakan 10 persen dari jumlah rekaman lama yang biasanya diperlukan untuk membuat suara buatan.

Pada akhirnya, bintang itu lebih dari senang dengan apa yang dia dengar... dan katakan.

"Saya berterima kasih kepada seluruh tim di Sonantic yang dengan ahlinya memulihkan suara saya dengan cara yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya," katanya.

"Sebagai manusia, kemampuan untuk berkomunikasi adalah inti dari keberadaan kita dan efek dari kanker tenggorokan telah membuat orang lain sulit untuk memahami saya. Kesempatan untuk menceritakan kisah saya, dengan suara yang terasa otentik dan akrab, adalah hal yang luar biasa. hadiah istimewa," ungkapnya.