Trik Ini Bisa Bikin Nonton YouTube Bebas Iklan
Ilustrasi YouTube (unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Seringkali saat kita menonton konten video di YouTube, ada beberapa pop-up iklan yang kerap muncul secara tiba-tiba. Bahkan di antaranya ada yang tak bisa diskip begitu saja, hal ini tentu mengganggu kenikmatan saat menonton YouTube.

Namun baru-baru ini, pengguna Reddit berhasil menemukan bug atau celah keamanan dari tampilan iklan di YouTube. Hasilnya pop-up iklan bisa hilang, dengan menyisipkan simbol titik setelah ".com" di URL video menjadi "youtube.com./video".

Bug YouTube ini ditemukan pengguna Reddit bernama u/unicorn4sale. Melalui format penulisan URL tersebut, pengguna YouTube bisa menonton konten tanpa terganggu dengan iklan sama sekali.

"Ini masalah sepele yang mungkin terlewatkan pada situs web, saat menormalkan hostname pada konten yang ditayangkan. Sehingga terkadang ada ketidakcocokan antara nama host di browser dengan cookie dan CORS (Cross-origin resource sharing). Apalagi pada domain situs yang melayani iklan atau media dalam jumlah yang banyak," tulis Unicorn4sale seperti dikutip dari Metro UK, Senin, 15 Juni.

Dalam pengujiannya, bug ini bisa berfungsi untuk menghilangkan iklan YouTube pada sebagian besar browser seperti Google Chrome, Android Mobile serta Microsoft Edge dan Safari. Sayangnya trik ini tak berhasil pada browser Firefox, di mana memasukkan simbol tersebut hanya akan mengembalikan pengguna ke beranda YouTube.

Tentunya jika pihak YouTube mendengar temuan ini, pihaknya pasti akan segera memperbaiki celah keamanan tersebut dengan cepat. Mengingat pendapatan YouTube berasal dari tayangan iklan. 

YouTube sendiri merupakan platform berbagi video yang bisa diakses secara gratis. Namun sebagai gantinya, YouTube akan menampilkan sejumlah iklan pada konten video yang ditayangkan.

Adapun pengguna YouTube bisa menonton konten-konten video favoritnya tanpa iklan, jika mereka sudah berlangganan ke YouTube Premium. Caranya dengan membayar Rp59.000, pengguna bisa menonton YouTube tanpa iklan dengan tambahan fitur download video dan aplikasi YouTube Premium.