Neuracle, Rintisan dari China yang Segera Temukan Teknologi Otak ke Komputer
Perusahaan dari China, Neuracle, meramaikan teknologi antarmuka otak ke komputer yang selama ini didominasi AS. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah perusahaan rintisan China, Neuracle, telah mulai menguji apa yang disebut antarmuka otak-komputer (brain-computer interface/BCI) "mikro-invasif" pada babi. Jika sukses maka monyet adalah yang berikutnya. Ini menjadikan perusahaan itu menjadi salah satu pemimpin China dalam teknologi baru yang memiliki berbagai aplikasi. 

BCI adalah sektor biosains penting yang dapat mengumpulkan dan menganalisis sinyal elektronik otak manusia. Teknologi BCI "mikro-invasif" adalah hibrida antara BCI invasif - yang menanamkan chip langsung ke dalam cairan serebrospinal otak melalui pembedahan - dan BCI non-invasif, yang melibatkan pemakaian perangkat yang memungkinkan aktivitas otak pengguna direkam.

Menurut Ke Youwang, manajer penjualan Neuracle Technology Co, mengatakan kepada Global Times akhir pekan lalu, BCI mikro-invasif melibatkan penempatan chip tepat di belakang tengkorak dan di atas cairan serebrospinal, yang memastikan keamanan dan periode efektif yang lebih lama. 

"Chip yang digunakan dalam BCI invasif hanya dapat berfungsi selama sekitar satu hingga dua tahun, dan sangat berisiko untuk ditanam kembali setelah dikeluarkan. Sebaliknya, operasi untuk teknologi BCI 'mikro-invasif' tidak akan menyebabkan kerusakan besar. ke tubuh manusia. Risiko yang terlibat sebanding dengan menanamkan koklea buatan," kata Ke.

Dia menambahkan bahwa karena konduktivitas listrik tengkorak manusia buruk, sinyal yang dikirim oleh BCI "mikro-invasif" juga lebih jelas dan lebih kuat daripada BCI non-invasif.

Neuracle didirikan pada tahun 2011 di Beijing dan membuka anak perusahaan baru di Pudong New Area Shanghai pada bulan Mei. Mereka ber tujuan untuk mengambil keuntungan dari rantai industri berteknologi tinggi dan kumpulan bakat yang kaya untuk mempercepat kerjasama dan pengembangan teknologi.

Perusahaan ini bekerja sama dengan lembaga medis dan penelitian serta universitas untuk memfasilitasi eksperimen dan peluncuran teknologi baru, yang dianggap sebagai jalur baru di tengah persaingan global yang panas untuk BCI, bioteknologi generasi berikutnya di industri, kedirgantaraan dan kedokteran, dengan target pasar senilai triliunan rupiah.

Biro Industri dan Keamanan AS menerbitkan daftar "teknologi baru" yang dicakup oleh kontrol ekspor tahun lalu. BCI, bersama dengan 13 teknologi lainnya, ada dalam daftar tersebut.

China saat ini telah memimpin dalam pengembangan BCI non-invasif. Sementara AS, diwakili oleh perusahaan teknologi Neuralink yang didirikan oleh CEO Tesla Elon Musk, telah memimpin dalam BCI invasif, menurut pengamat industri.

Pada April lalu, Universitas Fudan mengungkapkan chip BCI non-invasif jarak jauh pertama yang dikembangkan sendiri untuk hewan, yang diklaim hanya setengah dari berat produk asing serupa.