Jadi <i>Rickrolling</i>,  Lagu Hit Rick Astley Kini Capai 1 Miliar Tayangan
Rick Astley, lagu Never Gonna Gove You Up tenar lagi karena jadi rickrolling (foto: twitter @rickastley)

Bagikan:

JAKARTA – Penyanyi dan penulis lagu asal Inggris, Rick Astley, yang mengeluarkan hits tahun 1987, dengan judul  "Never Gonna Give You Up", kini video lagu tersebut sudah melewati satu miliar penayangan di YouTube. 

Butuh waktu lebih dari dua dekade setelah video musik dirilis, untuk itu menjadi hit Internet ketika digunakan untuk lelucon 'Rickrolling' yang sekarang populer. Rickrolling mengharuskan pengguna mengklik hyperlink tersamar yang pada akhirnya mengarah ke video musik yang segar. 

Mereka yang jatuh cinta pada lelucon itu, pada gilirannya, akan "dikejutkan." Pada Kamis, 29 Juli, Astley memposting video di Twitter, yang isi berterima kasih kepada pemirsa karena membantu video musik miliknya mencapai tonggak "luar biasa, gila, dan luar biasa".

Namun, Astley juga tidak bisa menahan diri untuk melakukan lelucon itu sendiri. Dia membagikan tautan dalam tweet yang tampaknya membawa pengguna ke halaman yang ditautkan ke situs webnya, tetapi sebaliknya, membuka ke video YouTube itu sendiri. 

“Jadi saya baru saja diberi tahu bahwa Never Gonna Give You Up telah diputar satu miliar kali di YouTube,” kata Astley, 55. "Itu menakjubkan. Dunia adalah tempat yang indah dan indah. Dan, saya sangat beruntung."

Sebuah laporan tahun 2016 oleh Associated Press mengatakan awalnya Astley merasa terganggu oleh gagasan Rickrolling. Tetapi putrinya, Emilie, kemudian meyakinkannya bahwa bersenang-senang sedikit itu menyenangkan. Realisasi itu kemudian membantu meningkatkan profil penyanyi setelah selama tahun-tahun kosong dari jadwal manggung.

Lelucon itu menjadi sangat populer sehingga seorang pengguna bahkan mengedit cuplikan dari mantan Presiden AS Barack Obama yang menari dan berbicara untuk membuat ulang liriknya pada tahun 2008. Tonton video kocaknya di sini.   Jangan ini  adalah salah satu rickrolling yang di pasang di VOI. 

Hampir 200 video telah berhasil mendapatkan lebih dari satu miliar views di YouTube hingga saat ini. Video pertama yang mencapai tonggak itu adalah "Gangnam Style" Psy pada tahun 2012. Sementara  "Sweet Child o' Mine" dari Guns N' Roses adalah video musik pertama dari tahun 1980-an yang mencapai satu miliar tampilan pada Oktober 2019.