Pendiri Apple Ikut Perjuangkan Gerakan Hak untuk Memperbaiki
Steve Wozniak dilaporkan telah memberikan dukungannya pada gerakan hak untuk memperbaiki. (foto: Apple via Czechcrunch)

Bagikan:

JAKARTA - Pendiri Apple Steve Wozniak dilaporkan telah memberikan dukungannya pada gerakan hak untuk memperbaiki, bahkan ketika raksasa teknologi Apple sebenarnya masih tidak setuju tentang masalah ini.

Dalam sebuah pesan yang direkam untuk situs web Cameo, Wozniak mengatakan bahwa, "kami tidak akan memiliki Apple, jika dia tidak tumbuh di dunia teknologi yang sangat terbuka," ungkap Wozniak seperti dikutip dari MakeUsOf, Jumat 16 Juli.

Pria berusia 70 tahun yang ikut mendirikan Apple dengan Steve Jobs itu mengatakan bahwa dia sangat mendukung gerakan hak untuk memperbaiki tersebut. Apple tidak akan berhasil tanpa kemampuan orang-orang seperti dirinya dan sesama pendiri Apple, Steve Jobs, yang mampu membongkar perangkat keras, mengotak-atik, memperbaiki, memodifikasi, dan memperbaiki tanpa hukuman.

"Jadi mengapa menghentikan mereka? Mengapa menghentikan komunitas perbaikan diri? Saya benar-benar berpikir orang-orang di baliknya melakukan hal yang benar. Sudah waktunya untuk mengakui hak untuk memperbaiki lebih lengkap," ujar Wozniak.

Komentar Wozniak muncul di tengah meningkatnya argumen dari para pemimpin gerakan hak untuk memperbaiki. Para pendukung gerakan tersebut mengklaim bahwa raksasa teknologi saat ini tengah mempromosikan budaya “keusangan yang direncanakan."

Pendukung hak untuk memperbaiki juga menuduh bahwa perusahaan besar merancang perangkat mereka sedemikian rupa sehingga hanya bertahan dalam waktu tertentu dan kemudian harus diganti. Alasan lain mengapa gerakan ini semakin vokal adalah karena mereka percaya banyak perangkat tidak hanya memberi lebih banyak tekanan pada lingkungan tetapi juga menyebabkan pemborosan sumber daya alam.

Di sisi lain, Wozniak berpandangan bahwa perusahaan teknologi harus menyediakan alat komersial atau suku cadang bagi pengguna untuk memperbaiki gadget mereka sendiri atau menyelesaikannya oleh pihak ketiga.

Dia menunjuk pada kesuksesan komputer Apple II, yang katanya dapat dimodifikasi dan diperluas secara maksimal dan satu-satunya sumber keuntungan bagi Apple selama tahun-tahun pertamanya.

"Itu tidak sukses murni karena keberuntungan. Ada banyak hal baik tentang menjadi begitu terbuka sehingga semua orang bisa bergabung," kata Wozniak.

Sejatinya, Apple perusahaan yang dia tinggalkan, telah lama menghadapi kritik atas kebijakan yang membatasi di mana pelanggannya dapat memperbaiki iPhone dan barang elektronik lainnya tanpa membahayakan jaminan atau garansi resmi mereka.

Dahulu perusahaan hanya mengizinkan penyedia layanan resminya untuk menerima suku cadang asli Apple dan materi lain yang diperlukan untuk melakukan perbaikan. Itu berubah pada 2019, ketika perusahaan memperluas jumlah bisnis perbaikan yang diakui secara resmi.

"Tapi Saya percaya bahwa perusahaan (masih) menghambatnya karena memberi perusahaan kekuatan, kendali atas segalanya. Sudah waktunya untuk mulai melakukan hal yang benar. Sudah waktunya untuk mengakui hak untuk memperbaiki lebih lengkap," tegas Wozniak.