Penutupan Tambang di China, Terus Lemahkan Nilai Bitcoin
Grafik harga Bitcoin di pasaran terus turun sejak pemerintah China melarang penambangan Bitcoin. (foto: Maxim Hopman/unspalsh)

Bagikan:

JAKARTA - Harga Bitcoin dan mata uang kripto lain telah berjuang dalam beberapa minggu terakhir. Ini disebabkan tindakan keras terhadap penambang bitcoin di China yang terus memburuk.

Harga bitcoin jatuh pada bulan Mei, dan kehilangan 50% dari nilainya, dan selanjutnya terus berada di bawah tekanan sejak itu. Sementara itu, ethereum, mata uang kripto terbesar kedua setelah bitcoin, juga telah turun nilainya lebih dari setengahnya. Kini harga ethereum berjuang untuk bertahan di atas 2.000 dolar AS per token eter.

Sekarang, setelah laporan mantan penambang bitcoin dan ethereum di China yang telah membuang GPU, menunjukkan setidaknya beberapa kapasitas penambangan China yang dinonaktifkan tidak akan kembali. Para analis telah memperingatkan harga kripto saat ini "dalam bahaya."

“Ini tidak mengejutkan mengingat fakta bahwa China secara serius menindak penambangan bitcoin di negara itu, tetapi perkembangannya dapat ditafsirkan sebagai bearish secara fundamental," Adam James, editor senior di Hong Kong Bitcoin berbasis dan pertukaran crypto OKEx, menulis dalam analisis terbarunya. Ia menambahkan bahwa sentimen pasar telah menurun secara signifikan,  selama beberapa hari terakhir.

Sementara itu, laporan telah muncul di media sosial bahwa China telah mulai memblokir akses ke pertukaran mata uang kripto utama. Minggu ini, pengguna melaporkan bahwa Huobi dan Binance secara singkat membutuhkan VPN penyamaran lokasi untuk mengakses jaringan.

Binance, pertukaran bitcoin dan kripto terbesar di dunia berdasarkan volume, telah berjuang melawan peraturan global dalam beberapa pekan terakhir, dimana AS dan negara-negara di seluruh Eropa juga meningkatkan pengawasan mereka terhadap pertukaran.

Tindakan keras China terhadap bitcoin dan penambangan kripto bulan lalu memaksa mereka yang menggunakan komputer bertenaga tinggi untuk mengamankan jaringan bitcoin dan memvalidasi transaksi di luar negeri. 

Pengusiran bitcoin dan penambang kripto dari China mengirim tingkat hash bitcoin, ukuran berapa banyak daya komputasi yang diarahkan pada jaringan bitcoin, ke level terendah 13 bulan selama dua minggu terakhir.

Jaringan ethereum juga terkena larangan penambangan kripto China, melihat tingkat hash jaringannya turun sekitar 20% sejak Mei karena penambang dimatikan.

Setelah turun di bawah 30.000 dolar AS dalam beberapa minggu terakhir, harga bitcoin telah stabil tepat di atas level psikologis tetapi kegagalannya untuk memulihkan penurunan yang berarti sejak jatuhnya pada Mei telah membuat banyak pengamat pasar kripto kini khawatir.