Yuk! Rayakan Hari Satelit Palapa dengan Kreasi Twibbon
Satelit salah satu sarana komunikasi yang diperingati Indonesia pada 9 Juli. (foto: Dok. NASA via Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Hari ini 9 Juli bertepatan dengan Hari Satelit Palapa. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk merayakan hari penting tersebut. Tentunya tidak perlu berkumpul karena,  harus menjaga jarak. Misalnya saja dengan mengunggah Twibbon dan foto selfie di sosial media Anda.

Twibbon, yang sedang ramai diperbincangkan merupakan sebuah situs frame yang juga kerap digunakan masyarakat Indonesia untuk merayakan sesuatu, kemudian kreasi frame mereka akan diunggah ke sosial media.

Menariknya, hari ini Twibbon tengah memperingati Hari Satelit Palapa, yakni satelit pertama besutan Indonesia yang telah meluncur dari Cape Canaveral Kennedy Space Center, Florida, AS. Dikutip dari Antara, Jumat 9 Juli, sedikit mengulas sejarahnya, peluncuran satelit pertama Indonesia ini tepatnya pada 8 Juli 1976 pukul 19.31 waktu AS, atau 9 Juli 1976 pukul 06.31 WIB.

Satelit Palapa A1 diluncurkan dengan roket peluncur Delta 2914 buatan McDonnell Douglas, kemudian dilepas di atas Samudera Hindia pada 83 derajat Bujur Timur (BT). Satelit Palapa A1 mengorbit mulai 1976 hingga 1983.

Selang setahun, digantikan oleh Satelit Palapa A2 yang beroperasi mulai 1977 sampai 1987. Dalam perkembangannya Satelit Palapa mengalami beberapa pergantian karena satelit memiliki jangka waktu yang terbatas.

Sebenarnya, Satelit proyek kedua ini adalah satelit cadangan yang dioperasikan apabila satelit A1 mengalami kegagalan. Diluncurkan dengan roket yang sama yakni roket Delta 2914 pada Maret 1977 diharapkan bisa menjaga stabilnya hubungan komunikasi.

Untuk merayakan hari ini, Anda bisa menggunakan Twibbon khusus Hari Satelit Palapa. Kalian juga bisa membagikan Twibbon yang sudah dikreasikan ke sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, serta aplikasi olah pesan WhatsApp, Line dan lainnya.

Cara Membuat Twibbon

Pertama, kunjungi Twibbonize.com terlebih dahulu, kemudian klik tab Search lalu ketik Satelit Palapa. Pencarian ini juga bisa Anda cari di kolom cari campaign.

Nantinya, akan muncul tiga campaign yang bisa Anda pilih sesuai dengan desainnya. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih foto untuk dimasukkan ke dalam Twibbon atau frame.

Selanjutnya, Anda bisa meninjau lebih dahulu apakah foto yang disematkan sudah cocok, jika sudah selesai, Anda bisa langsung mengunduhnya dan membagikan ke sosial media milik Anda.